Jenih, Kosi (2021) Aktivitas Online Event Conceptor dalam Unit Activation Pada Marketing and Creative Department di Harian Kompas. Internship thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Text
HALAMAN_AWAL.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (332kB) |
||
|
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (233kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (367kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (81kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (8MB) |
Abstract
Perluasan ketertarikan jaringan internet dan teknologi, semakin dimanfaatkan banyak perusahaan setelah Covid-19 ditetapkan sebagai pandemi oleh WHO. Sadar akan terbatasnya ruang gerak yang terjadi tahun ini, memberikan dampak kepada brand dan perusahaan dalam hal interaksi aset melalui event serta channel komunikasinya ke ruang digital. Himpitan antara situasi, peluang platform yang mumpuni, dan dengan brand itu sendiri menuntut perusahaan untuk tetap berupaya melakukan strategi komunikasi yang relevan untuk reputasi, maupun image-nya. Tercatat melonjaknya 2.000 online event pada situs penjualan tiket event, yaitu Loket dalam kurun waktu satu bulan serta pergerakannya yang terus meningkat, membawa peran Online Event Conceptor menjadi sangat penting. Perusahaan media yang telah berdiri 65 tahun dan banyak meraih penghargaan selama perjuangannya, yaitu Harian Kompas memiliki Event Conceptor di salah satu unitnya. Dalam praktik kerja magang sebagai Online Event Conceptor di unit Activation, penulis banyak diberikan kesempatan belajar dan co-create dalam penyelenggaraan Brand Activation berlandaskan Event Management, melakukan Strategi Komunikasi Public Relations (PR); customer relations, community relations, government relations, employee relations, dan third-party endorsement serta aktivitas PR Campaigns kampanye protokol kesehatan #INGATPESANIBU bersama Satgas Covid-19 BNPB. Dapat disimpulkan bahwa berbagai macam Brand Activation berlandaskan Event Management, Strategi Komunikasi PR, dan PR Campaigns yang dilakukan Kompas telah berhasil mencapai objectives di masing- masing aktvitasnya dan telah melibatkan pendekatan Strategi Komunikasi PR dengan sangat baik. Namun, masih ada hal yang menjadi gap, sehingga perlu dibenahi dalam komunikasi internal antardivisi atau unit di Harian Kompas, agar alur komunikasi menjadi strategis sehingga mendapatkan hasil yang maksimal.
Item Type: | Thesis (Internship) |
---|---|
Keywords: | Harian Kompas, Unit Activation, Online Event Conceptor, Brand Activation, Event Management, Strategi Komunikasi Public Relations, PR Campaigns |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 24 Aug 2021 11:53 |
Last Modified: | 27 Apr 2023 02:10 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/17652 |
Actions (login required)
View Item |