Pengaruh Social CRM terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening: Studi pada Akun Instagram @madformakeup.co

Fransisca, Cindy (2021) Pengaruh Social CRM terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening: Studi pada Akun Instagram @madformakeup.co. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (711kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (964kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (709kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (879kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (985kB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (579kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Tingginya potensi pasar disertai dengan persaingan yang ketat di industri kosmetik membuat berbagai merek kosmetik melakukan beragam strategi untuk dapat bertahan dan bersaing. Termasuk Mad For Makeup yang mengaplikasikan strategi social CRM dalam mengoperasikan akun media sosialnya, khususnya Instagram. Penelitian ini memiliki tujuan utama untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari social CRM pada Instagram @madformakeup.co terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening, dan seberapa besar pengaruh tersebut. Digunakan teori pertukaran sosial sebagai landasan dilakukannya penelitian ini, serta digunakan konsep-konsep social CRM, kepuasan pelanggan, dan loyalitas pelanggan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis eksplanatif. Adapun, metode yang digunakan untuk mendapatkan data primer adalah dengan survei. Populasi dalam penelitian ini yaitu pengikut dari akun Instagram @madformakeup.co yang berjumlah 108.292 akun per 6 Maret 2021. Untuk menentukan sampel digunakan teknik purposive sampling karena hanya pengikut yang pernah membeli produk Mad For Makeup yang dapat menjadi responden dan didapatkan total 250 data responden yang diolah dalam penelitian. Dalam menganalisis data, digunakan uji regresi linear sederhana dan uji analisis jalur. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh social CRM terhadap loyalitas pelanggan sepenuhnya dimediasi oleh kepuasan pelanggan sebesar 0.329.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: kepuasan pelanggan, loyalitas pelanggan, social CRM
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Aug 2021 13:05
Last Modified: 27 Apr 2023 01:57
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/17669

Actions (login required)

View Item View Item