Implementasi Adaptive AI dalam Pengembangan Video Game Pertarungan

Surya Kurniawan Lie, Crist (2021) Implementasi Adaptive AI dalam Pengembangan Video Game Pertarungan. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (440kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (971kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (809kB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (33kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (232kB)

Abstract

Pada video game, Artificial Inteligence (AI) digunakan untuk membuat non- player characters (NPCs) yang dapat menghasilkan tindakan cerdas, responsive, dan adaptive. Dalam video game pertarungan, AI digunakan untuk membuat karakter lawan yang dapat memberikan perlawanan kepada pemain seperti saat pemain sedang melawan pemain lain. Namun, penggunaan AI standard dalam video game pertarungan akan membuat karakter lawan memiliki strategi yang statis. Karena AI terus menggunakan strategi yang sama, hal tersebut akan menurunkan repeatability dari game saat pemain sudah mengetahui cara mengalahkan strategi yang digunakan oleh AI. Salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan mengimplementasi adaptive AI pada video game pertarugan, sehingga AI pada game dapat terus mempelajari strategi pemain dan menyesuaikan strategi yang digunakannya. Oleh karena itu, pada penelitian ini akan dikembangkan video game pertarungan dengan mengimplementasikan adaptive AI dan kemudian mengukur tingkat kepuasan pemain terhadap game yang telah dibuat. Nilai dari tingkat kepuasan pemain akan diukur menggunakan Game User Experience Satisfaction Scale. Game yang telah dibangun mendapatkan nilai 73.03% dari perhitungan GUESS yang menandakan bahwa pemain merasa puas terhadap game yang telah diciptakan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: adaptive AI, fighting game, game AI, GUESS
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods > 006.3 Artificial Intelligence, Machine Learning, Pattern Recognition, Data Mining
700 Arts and Recreation > 790 Outline of Sports, Games and Entertainment > 793 Indoor Games and Amusements
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Aug 2021 11:42
Last Modified: 25 Aug 2023 07:18
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/17682

Actions (login required)

View Item View Item