Analisis Pengaruh Technological Innovativeness terhadap Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, dan Perceived Playfulness serta Implikasinya terhadap Usage Intention: Telaah pada Pengguna Aplikasi Linkaja

Tehdi, Evan (2021) Analisis Pengaruh Technological Innovativeness terhadap Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, dan Perceived Playfulness serta Implikasinya terhadap Usage Intention: Telaah pada Pengguna Aplikasi Linkaja. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (504kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (425kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (776kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (302kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Dengan menggunakan kerangka kerja TAM (Technology Acceptance Model), studi ini memiliki tujuan untuk menginvestigasi faktor-faktor yang mempengaruhi usage intention dari aplikasi e-wallet khususnya LinkAja untuk melakukan pembayaran di era digital seperti sekarang. Dengan mengusut pembayaran digital yang menggunakan e-wallet sebagai sarana untuk bertransaksi, studi ini diharapkan dapat berkontribusi pada perkembangan aplikasi LinkAja sebagai salah satu perusahaan e-wallet terbesar di Indonesia. Hal ini dikarenakan LinkAja ternyata belum menjadi e-wallet pilihan utama bagi masyarakat, selain itu LinkAja juga terus mengalami penurunan pada peringkat jumlah pengguna aktif bulanan serta jumlah unduhan dibandingkan dengan kompetitor e-wallet lainnya seperti OVO, Gojek dengan Gopay nya, dan juga DANA. Sebagai perusahaan teknologi yang tergolong besar, LinkAja seharusnya bisa meluncurkan inovasi teknologi yang dapat meningkatkan kualitas dari fitur-fitur lama maupun fitur-fitur baru didalam aplikasi, baik itu dengan menambahkan inovasi untuk membuat fitur tersebut menjadi lebih bermanfaat, mudah digunakan, ataupun user friendly, karena masih terdapat beberapa pengguna LinkAja yang mengalami kendala atau merasa kurang puas saat menggunakan aplikasi LinkAja seperti error saat digunakan untuk bertransaksi, kesulitan dalam melakukan upgrade account, dan interface kurang user friendly, seperti yang dikatakan oleh para pengguna LinkAja pada review di google play store. Maka dari itu, peneliti bertujuan untuk mengetahui apakah technological innovativeness memiliki pengaruh terhadap perceived usefulness, perceived ease of use, dan perceived playfulness serta implikasinya terhadap usage intention. Penelitian yang dilakukan ini menggunakan metode kuantitatif, dimana untuk pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran kuisioner secara online dengan jumlah keseluruhan sampel adalah 100 responden. Pengolahan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik Structural Equation Model (SEM) melalui software LISREL 8.8. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa H4 (perceived usefulness tidak berpengaruh positif terhadap usage intention), hal tersebut dapat disebabkan karena adanya banyak pilihan e-wallet lain yang menawarkan manfaat sebanding/lebih besar dibandingkan dengan LinkAja, baik dari promo ataupun jumlah layanan yang tersedia.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: technological inovativeness, perceived usefulness, perceived ease of use, perceived playfulness, usage intention
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 004 Computer Science, Data Processing, Hardware > 004.2 Systems Analysis and Design, Information Architecture, Performance Evaluation
600 Technology (Applied Sciences)
Divisions: Faculty of Business > Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Aug 2021 12:48
Last Modified: 03 Jul 2023 05:39
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/17720

Actions (login required)

View Item View Item