Analisis Faktor- Faktor yang Mempengaruhi Purchase Intention pada Menstrual Cup: Telaah pada Brand Menstrual Cup Organicup Indonesia

Kamira, Oktavian (2021) Analisis Faktor- Faktor yang Mempengaruhi Purchase Intention pada Menstrual Cup: Telaah pada Brand Menstrual Cup Organicup Indonesia. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (570kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (614kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (419kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (645kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (225kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Menstruasi merupakan suatu siklus alami yang dialami oleh perempuan. Selama menstruasi, perempuan akan menggunakan produk menstruasi untuk menampung darah menstruasi yang keluar. Terdapat beberapa produk menstruasi yang digunakan oleh perempuan dari yang paling umum digunakan yaitu pembalut sekali pakai, tampon, pembalut kain (reuseable menstrual pad) dan menstrual cup. Menstrual cup dinilai sebagai alternatif produk menstruasi yang lebih sehat karena bebas dari bahan kimia, lebih hemat dan lebih ramah lingkungan. Menstrual cup sendiri merupakan produk menstruasi yang masih tergolong baru di Indonesia. Penggunaan menstrual cup di Indonesia juga masih memiliki banyak pro dan kontra karena cara penggunaannya yang kerap dianggap berlawanan dengan nilai budaya timur dan banyak perempuan yang masih ragu dan mempertanyakan tentang keamanan, kenyamanan, dan efek samping dari penggunaan menstrual cup terhadap kesehatan. OrganiCup Indonesia merupakan salah satu distributor menstrual cup di Indonesia yang hadir memperkenalkan produk menstrual cup. Penggunaan menstrual cup juga cukup sulit untuk berkembang karena masih banyak perempuan yang masih belum begitu tau dan paham tentang produk menstrual cup dan meski dinilai lebih hemat harga menstrual cup cukup mahal untuk sekali beli dibandingkan produk menstruasi lainnya sehingga menjadi pertimbangan konsumen juga untuk membeli. Hal ini menjadi tantangan bagi OrganiCup Indonesia dalam memperkenalkan dan mengembangkan penjualan menstrual cup ini. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi niat beli konsumen pada menstrual cup. Penelitian ini dilakukan dengan melalui survey secara online dan diuji dengan metode regresi linear berganda. Survey dilakukan terhadap 160 responden yang memenuhi kriteria yang kemudian dianalisis menggunakan software IBM SPSS Statistic versi 25. Hasil dari penelitian ini menunjukkan consumer doubt, familiarity, information seeking, dan value for money memiliki pengaruh signifikan terhadap purchase intention. Sedangkan skepticism tidak mempengaruhi secara signifikan terhadap purchase intention.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: consumer doubt, skepticism, familiarity, information seeking, value for money, purchase intention, menstrual cup, menstrual product
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce > 658.87 Retail Channel > 658.872 Brand, Branding
Divisions: Faculty of Business > Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Aug 2021 12:24
Last Modified: 23 Jun 2023 08:33
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/17785

Actions (login required)

View Item View Item