Jonathan Irawan, Ivan (2021) Alur Kerja Wartawan Ekonomi di Katadata. Internship thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Text
HALAMAN_AWAL.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (224kB) |
||
|
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (60kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (80kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (539kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (896kB) | Preview |
|
Text
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (65kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Internet semakin merambah dalam kegiatan masyarakat Indonesia sehari-hari, termasuk dalam pola konsumsi media. Riset dari We Are Social dan Hootsuite menyebut bahwa ada 175,4 juta pengguna internet di Indonesia per Januari 2020. Hal ini disebabkan karena media daring memiliki ragam aspek yang tidak dimiliki oleh media konvensional satu arah seperti televisi, radio, dan koran. Beberapa di antaranya ada personalisasi, interaksi, dan kesegeraan (immideacy). Dari sejumlah isu yang silih berganti dalam luasnya kolam media daring, isu ekonomi merupakan salah satu isu dengan penetrasi di bawah 30 persen, dengan kata lain masyarakat yang berminat mengonsumsi informasi seputar isu ekonomi tidak lebih dari angka tersebut. Salah satu penyebabnya adalah persepsi masyarakat mengenai isu ekonomi yang dinilai stagnan dengan update harian soal kurs, saham, emas, dan sebagainya. Padahal, isu ekonomi meliputi aspek yang lebih luas dari persepsi tersebut, dan salah satu media ekonomi di Indonesia yang berupaya merevitalisasi cara pikir tersebut adalah Katadata. Itu sebabnya, laporan ini merupakan pengalaman penulis dalam bekerja sebagai pemagang di Katadata.co.id. Laporan ini kemudian memetakan alur kerja wartawan ekonomi di Katadata beserta pembelajaran apa yang penulis dapatkan selama proses magang. Penulis melaksanakan kegiatan magang selama 60 hari dan meliputi tahap penugasan, pengumpulan data, evaluasi, penulisan berita, dan penyuntingan. Adapun penulis menjadi pemagang mulai dari 3 November 2020 sampai dengan 5 Januari 2021.
Item Type: | Thesis (Internship) |
---|---|
Keywords: | alur kerja, reporter ekonomi, Katadata.co.id |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing > 070 News, mass media, journalism, and publishing 300 Social Sciences > 330 Economics > 337 International Economics |
Divisions: | Faculty of Communication > Digital Journalism |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 24 Aug 2021 12:22 |
Last Modified: | 17 Jun 2023 00:28 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/17793 |
Actions (login required)
View Item |