Aspek Pendidikan Publik dalam Pemberitaan tentang Omnibus Law di Tirto.id

Intan Barton, Karyuwi (2020) Aspek Pendidikan Publik dalam Pemberitaan tentang Omnibus Law di Tirto.id. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (598kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (523kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (485kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (408kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (262kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (784kB)

Abstract

Media dapat dilihat sebagai alat untuk memprediksi partisipasi warga negara. Hal ini didasari oleh norma kewarganegaraan yang mendikte individu mengenai cara menjadi warga negara yang baik. Media memiliki kekuatan dalam membentuk identitas individu sebagai warga negara yang sadar akan hak dan kewajibannya. Terlebih, warga negara cenderung melakukan pertimbangan terlebih dahulu sebelum melakukan partisipasi politik yang biasanya dilakukan dengan membaca informasi dari media. Hal ini menempatkan informasi yang disampaikan media secara ideal perlu memiliki aspek pedagogi publik untuk mendorong partisipasi warga negara secara konstruktif. Terutama, ketika membahas mengenai kebijakan publik yang nantinya akan mengikat warga negara secara hukum. Konten media yang dapat dipengaruhi oleh faktor kepemilikan, kepentingan politik, atau kepentingan ekonomi mendorong pentingnya aspek pedagogi publik dihadirkan sebagai upaya mendahulukan kepentingan publik. Dengan menggunakan media tirto.id yang non-partisan dan dibiayai mandiri oleh ketiga pendirinya, penelitian ini bertujuan untuk melihat cara tirto.id menyajikan informasi mengenai Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja. Dengan menggunakan analisis naratif, penelitian ini menggunakan lima sampel berita tirto.id periode Februari 2020. Analisis Naratif adalah metode analisis isi kualitatif yang menempatkan teks berita sebagai sebuah cerita (narasi). Metode ini digunakan untuk melihat cara suatu peristiwa disusun dan melihat hubungan antara satu peristiwa dengan peristiwa lainnya. Dengan demikian, aspek pendidikan publik yang digali akan dijelaskan secara implisit berdasarkan kacamata hasil analisis naratif. Hasil penelitian ini mendeskripsikan bahwa tirto.id menyajikan berita mengenai omnibus law dengan mengeksplorasi masalah yang ditimbulkan oleh omnibus law di berbagai sektor (menyalahi hierarki perundang-undangan, ketenagakerjaan, pendidikan); menempatkan pemerintah sebagai penjahat yang menimbulkan konflik dan masyarakat sipil sebagai pahlawan yang menentang konflik; serta menempatkan konflik dan drama dengan menyajikan perbedaan pendapat dan keinginan antara pemerintah dan masyarakat sipil.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: pedagogi publik, kewarganegaraan, kebijakan publik, omnibus law cipta lapangan kerja, analisis naratif
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing > 070 News, mass media, journalism, and publishing > 070.18 Documentary Films, Educational Films
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Aug 2021 12:10
Last Modified: 16 Jun 2023 07:48
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/17831

Actions (login required)

View Item View Item