Tantangan Industri Pariwisata dan Perhotelan di Era New Normal Pandemi Covid-19: Penerapan Teknologi Pintar

Nafisa Purnomo Putri, Rayiditya (2021) Tantangan Industri Pariwisata dan Perhotelan di Era New Normal Pandemi Covid-19: Penerapan Teknologi Pintar. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (448kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (616kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (633kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (251kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (557kB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (104kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (907kB)

Abstract

Perkembangan Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (TIK) saat ini telah mendukung banyak sector industri salah satunya Industri Perhotelan. New Normal bisa menjadi pendekatan yang diaktualisasikan oleh pemerintah untuk beradaptasi dengan pandemi Covid-19. Studi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana karyawan industri pariwisata dan perhotelan menghadapi Covid-19, terutama saat menerapkan protokol yang disebut jarak fisik di era normal baru. Studi ini juga mencoba untuk mengetahui kesiapan industri perhotelan untuk menghadapi era normal baru dengan menerapkan teknologi untuk melayani tamu. Peneliti melakukan wawancara semi terstruktur dengan 15 pemangku kepentingan (yaitu, 7 manajer hotel, 7 konsumen hotel, dan 1 pembuat kebijakan). Untuk manajer peneliti memfokuskan manajer yang bekerja di hotel bintang 4 ke atas di DKI Jakarta dan konsumen juga yang pernah mengunjungi atau menginap di salah satu hotel DKI Jakarta saat era new normal. Dengan menggunakan paradigma social contructivist dalam pendekatan kualitatif: analisis secara deskriptif. Hasilnya mengungkapkan bahwa stakeholders berperan penting di era ini, baik pemerintah dan manajer hotel memanfaatkan fenomena ini untuk meningkatkan kualitas pelayanan dengan fokus ke kenyamanan dan keamanan konsumen. Pandemi ini juga akan berdampak pada kurikulum Pendidikan dunia pariwisata maupun perhotelan yang di mana kedepannya akan mulai menerapkan ilmu krisis manajemen dan sustainable environment. Peneliti menyarankan untuk dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai kompetensi SDM yang dibutuhkan untuk Industri dalam menghadapi krisis seperti Pandemi Covid-19 di Indonesia.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Tourism, Hospitality, Human Resources, Consumer Behavior, Technology, COVID-19
Subjects: 300 Social Sciences > 360 Social problems and social services > 362 Social problems of and services to groups of people (Incl. Hospital Management)
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.3 Personnel, Staff, Employee, Human Resource Management, Training
Divisions: Faculty of Business > Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Aug 2021 11:55
Last Modified: 27 Jun 2023 07:51
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/17858

Actions (login required)

View Item View Item