Prediksi Nasabah Deposito Bank Menggunakan Algoritma Data Mining Berbasis Teknik Feature Selection

Adhli, Yuma Luqman (2021) Prediksi Nasabah Deposito Bank Menggunakan Algoritma Data Mining Berbasis Teknik Feature Selection. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (498kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (172kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (67kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (346kB)

Abstract

Depostio berjangka merupakan produk investasi Bank dengan menyimpan uang dan penarikan hanya bisa dilakukan pada kurun waktu tertentu yang telah di janjikan oleh pihak bank dengan persetujuan nasabah, di era sekarang ini data calon nasabah dan produk deposito sangat banyak dan besar jumlahnya. Penelitian ini menjelaskan tentang proses data analisis menggunakan teknik data mining yang bertujuan untuk membuat sebuah model prediktif dari variabel data, untuk dapat mengoptimasikan proses prediksi data nasabah oleh seorang telemarketing, sehingga produk yang ditawarkan mendapatkan target calon nasabah atau nasabah tetap yang tepat sasaran. Teknik pemrosesan yang digunakan pada penelitian ini yaitu kerangka kerja model CRISP-DM. Data yang digunakan yaitu kumpulan data kampanye pemasaran bank yang berada di negara Portugis terkait nasabah deposito bank yang berasal dari DataHub IO Data Set. Penerapan algoritma klasifikasi yang digunakan yaitu Naïve Bayes, Decision Tree, Rule Induction dan K-NN. Kriteria validasi berupa akurasi, presisi, dan f- meassure digunakan untuk menguji kinerja model klasifikasi. Hasil akhir dari penelitian ini yaitu perbandingan beberapa algoritma data mining dengan masing ­ masing performa/kinerjanya sebagai dukungan pengambilan keputusan pihak Bank penyelenggara deposito, kemudian dibandingkan mana algoritma yang paling baik.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Algoritma, CRISP-DM, Data Mining, Deposito
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce > 658.8342 Consumer Behavior
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Information System
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 11 Oct 2022 08:07
Last Modified: 03 Jul 2023 08:20
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/17863

Actions (login required)

View Item View Item