Perancangan Ulang SKh YKDW 01 Melalui Pendekatan Prinsip Desain Inklusif untuk Siswa Tunagrahita

Aulia Ramadhanti, Janni (2021) Perancangan Ulang SKh YKDW 01 Melalui Pendekatan Prinsip Desain Inklusif untuk Siswa Tunagrahita. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (635kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (288kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (7MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (65kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Sekolah Khusus Yayasan Karya Dharma Wanita 01 (SKh YKDW 01) merupakan salah satu sekolah luar biasa golongan C untuk siswa tunagrahita dan autisme di Kota Tangerang. Sekolah ini dituntut untuk sanggup menunjang berjalannya kegiatan belajar mengajar secara maksimal sesuai dengan kondisi siswa yang salah satunya dipengaruhi oleh infrastruktur sekolah. Guna memenuhi tuntutan tersebut, terdapat teori prinsip desain inklusif bagi pembangunan sekolah luar biasa. Kemudian penulis melakukan penelitian di SKh YKDW 01 tentang pengaruh gerak siswa tunagrahita selama kegiatan belajar berlangsung terhadap penerapan prinsip desain inklusif yang mengacu pada kondisi eksisting bangunan sekolah. Penelitian ini mengacu kepada teori prinsip desain inklusif menurut Hawkins (2008) dan dilakukan menggunakan metode penelitian kualitatif. Berdasarkan penelitian, penulis menemukan bahwa SKh YKDW 01 belum memenuhi prinsip desain inklusif bagi sekolah luar biasa. Sehingga pada perancangan ini penulis menghadirkan kembali sekolah luar biasa golongan C dengan melakukan perancangan ulang SKh YKDW 01. Pada proses perancangan ini penulis menemukan formula yang tepat guna menerapkan desain inklusif yang lebih padu pada bangunan sekolah luar biasa dengan menyesuaikan kondisi dan kebutuhan siswa tunagrahita berdasarkan pola gerak selama belajar di lingkungan sekolah. Adapun hasil akhir dari penelitian dan perancangan yang penulis buat berhasil mengkaji dan memberbaiki lingkung bangun SKh YKDW 01 supaya sesuai dengan prinsip desain inklusif, sehingga sekolah mampu menjamin keamanan dan kenyamanan siswa tunagrahita serta seluruh kegiatan sekolah dapat berjalan secara optimal.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: desain inklusif; perancangan ulang; perilaku spasial; sekolah luar biasa; tunagrahita
Divisions: Faculty of Art & Design > Architecture
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Aug 2021 11:52
Last Modified: 04 Oct 2022 05:50
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/17869

Actions (login required)

View Item View Item