Paskalis, Michael (2020) Perancangan Rigging pada Tokoh Ucok dalam Mendukung Aksi Animasi 3D Film Begu Ganjang. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Text
HALAMAN_AWAL.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (411kB) |
||
|
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (235kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (181kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (321kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (701kB) | Preview |
|
Text
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (499kB) |
||
|
Text
BAB_V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (124kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (504kB) |
Abstract
Dalam penyampaian cerita film animasi 3D, cerita yang baik harus disampaikan dengan pergerakan atau bahasa tubuh yang tepat. Agar tokoh 3D dapat digerakan, diperlukan rigger agar objek dapat bergerak dengan baik dan sesuai. Peran dan kinerja animator ditentukan oleh hasil rigging yang dibuat oleh rigger. Penulis membahas penerapan sistem rigging pada tokoh humanoid, sistem rigging ini akan diaplikasikan pada tokoh Ucok dalam film animasi 3D "Begu Ganjang". Untuk menghasilkan rig yang sesuai, penulis menggunakan metode kualitatif, yang dimana penulis akan melakukan studi analisis pergerakan tokoh, pergerakan props, dan obervasi menggunakan referensi video live action dan animasi. Proses perancangan rig juga akan didukung dengan teori mendasar mengenai anatomi tubuh manusia, kemudian teori spesifik dalam hal rigging, metode gerak rigging, controller, skinning hingga scripting. Dengan melakukan analisa dari berbagai referensi yang didukung dengan teori, penulis memiliki tujuan dan harapan penelitian ini dapat menciptakan rig yang sesuai dengan kebutuhan animator, serta mampu menunjang aksi dalam shot.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Animasi, 3D, rigging, humanoid |
Subjects: | 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration 700 Arts and Recreation > 770 Photography, Computer Art, Film, Video > 770 Photography, Computer Art, Cinematography, Videography, Film, Movie 700 Arts and Recreation > 770 Photography, Computer Art, Film, Video > 777 Cinematography (Incl. Animation Film / Movie; Animated cartoons) |
Divisions: | Faculty of Art & Design > Film & Animation |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 24 Aug 2021 11:48 |
Last Modified: | 05 Oct 2023 00:30 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/17878 |
Actions (login required)
View Item |