Pengaruh Kredibilitas Pesan E-WOM terkait Ulasan Produk Somethinc pada Platform BeautyHaul terhadap Keputusan Pembelian Konsumen

Fitria, Fitria (2021) Pengaruh Kredibilitas Pesan E-WOM terkait Ulasan Produk Somethinc pada Platform BeautyHaul terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (354kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (792kB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (88kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Kemajuan teknologi saat ini memberikan kebebasan kepada setiap individu dalam memberikan maupun memperoleh informasi. Hal ini mendorong electronic word of mouth atau eWOM menjadi sangat masif dilakukan. Namun, dengan kemudahan dan kebebasan tersebut membuat kredibilitas pesan eWOM tersebut menjadi hal yang sering dipertanyakan. Apalagi dengan kehadiran influencer dan celebriti endorser,ulasan produk yang diberikannya sering kali bias dengan kontrak kerja dari pemasar. Online customer review sebagai salah satu bentuk dari eWOM dapat dijadikan salah satu alternatif sebagai sumber informasi dalam pertimbangan keputusan pembelian. BeautyHaul, menjadi salah satu media yang memfasilitasi penggunanya untuk dapat mengakses ulasan konsumen online tersebut yang berasal dari konsuumen biasa. BeautyHaul sendiri merupakan platform beauty e-commerce di bawah naungan PT Beaute Haul Indonesia, didirikan sejak tahun 2013 yang dirintis dari usaha online shop pada akun Instagram. Melalui inovasi yang dilakukan, BeautyHaul mampu mengembangkan diri dan bertransformasi dalam bentuk webisite dan aplikasi. Selain itu, BeautyHaul juga menjadi distributor tunggal untuk beberapa brand lokal, salah satunya yakni Somethinc. Somethinc merupakan brand kecantikan lokal yang banyak diperbincangkan oleh masyarakat di tahun 2020 melalui aplikasi TikTok. Hal ini dikarenakan masih jarang produk lokal yang memiliki sertifikat halal seperti Somethinc dan Indonesia sendiri mayoritas penduduk beragama islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kredibilitas pesan electronic word of mouth terkait ulasan produk Somethinc pada Platform BeautyHaul terhadap keputusan pembelian konsumen. Dengan pendekatan kuantitatif asosiatif, penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada pengikut/followers @beautyhaulindo melalui teknik purposive sampling dan uji hipotesis yang dilakukan melalui analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kredibilitas pesan eWOM memberikan pengaruh secara positif sebesar 40,8% terhadap keputusan pembelian dengan 59,2% merupakan faktor lain yang tidak dibahas pada penelitian ini. Selain itu, melalui teori elaboration likelihood dapat diketahui bahwa mayoritas responden menggunakan cara berpikir melalui peripheral route dalam menanggapi dan menilai pesan eWOM pada platform BeautyHaul sebagai pertimbangan dalam mengambil keputusan pembelian konsumen.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Kredibilitas Pesan EWOM, Keputusan Pembelian, BeautyHaul, Somethinc
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 06 Oct 2022 08:10
Last Modified: 26 Apr 2023 02:08
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/17899

Actions (login required)

View Item View Item