Peran Media Online Japanese Station dalam Memenuhi Kebutuhan Masyarakat Pecinta J-Pop

Askarini, Gabriela Anya (2021) Peran Media Online Japanese Station dalam Memenuhi Kebutuhan Masyarakat Pecinta J-Pop. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (52kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (454kB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (46kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (495kB)

Abstract

Budaya populer saat ini sudah tersebar di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Dengan bantuan teknologi, budaya populer pun sudah menarik perhatian anak muda, sehingga sudah identik dengan generasi milenial. Di Indonesia, terdapat beberapa macam budaya populer yang berasal dari luar negeri, salah satunya Jepang. Budaya populer Jepang atau yang disebut juga sebagai J-Pop memiliki produk khas dan menarik, sehingga banyak masyarakat yang suka sejak pertama kali masuk di tahun 1990-an. Masyarakat yang menyukai J-Pop di Indonesia banyak yang membuat komunitas, bahkan media online untuk memberikan informasi tentang Jepang, salah satunya adalah Japanese Station. Di tengah menurunnya tren J-Pop karena kemunculan K-Pop sejak tahun 2000-an, peneliti ingin melihat bagaimana Japanese Station memenuhi kebutuhan para pembacanya yang merupakan pencinta J-Pop. Peneliti akan melakukan penelitian kualitatif deskriptif untuk mengetahui kebutuhan pencinta J-Pop apa saja yang dimiliki dan yang terpenuhi dengan membaca Japanese Station. Hasil dari penelitian ini adalah kelima informan dalam penelitian memiliki kebutuhan kognitif, afektif, integratif pribadi, integratif sosial, dan pelepasan yang cukup terpenuhi. Ketidakpuasan informan yang didapat dari Japanese Station bukan berada pada kualitas isi berita, tetapi pada tampilan situs Japanese Station.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: J-Pop, Uses and Gratifications, Pemenuhan Kebutuhan
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing > 070 News, mass media, journalism, and publishing
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Aug 2021 11:23
Last Modified: 14 Jun 2023 02:08
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/17921

Actions (login required)

View Item View Item