Elianingtyas, Visiola (2021) PODCAST DIGITALK EPISODE “Menghasilkan Keuntungan dari Bisnis Online, Bagaimana sih Caranya?”. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Teknologi yang semakin maju memudahkan banyak orang untuk berkarya dan menyebarkan konten. Dalam hal ini penulis dan tim merancang sebuah program dengan judul "Digitalk" yang akan dibuat secara podcast. Menurut para praktisi penyiaran, istilah program biasa digunakan untuk sebuah acara yang bersifat tunggal atau yang sering disebut dengan "mata acara". Media sosial yang kini menjadi makanan semua orang setiap harinya, kerap kali menimbulkan berbagai macam permasalahan. Saat ini, media sosial mempunyai berbagai macam cara untuk menyebarluaskan konten seperti live streaming, cuplikan cerita (snap story), dan juga postingan feeds. Hampir semua media sosial mempunyai ketiga cara tersebut mulai dari Instagram,facebook,tiktok, hingga youtube pun kini dapat melakukan ketiga cara tersebut dalam satu media sosial. Untuk itu, salah satu pilot episode dalam program ini adalah bisnis di era media sosial. Pilot ini membahas tentang bagaimana media sosial dapat mempengaruhi suatu bisnis. Seperti yang ditulis oleh detik.com bahwa, sebanyak 80 juta brand berhasil mengembangkan bisnisnya melalui media sosial. Salah satu cara yang banyak digunakan pembisnis di era modern ini ialah dengan menggunakan jasa para influencer atau orang yang terkenal dan juga aktif di media sosial, dimana mereka diminta untuk mempromosikan produk yang dihasilkan oleh pembisnis tersebut. Produk tersebut kemudian mereka promosikan melalui ketiga cara yang telah disebutkan penulis diatas yaitu dengan cara melalui cuplikan cerita (snap story), postingan post, dan juga live streaming. Podcast Digitalk nantinya akan dibawakan dengan menggunakan format talk show, yang pembahasannya akan dibicarakan bersama dengan narasumber yang akan menambah gambaran lain terkait topik yang dibahas. Berdasarkan apa yang banyak terjadi di media sosial, Digitalk mempunyai tujuan agar permasalahan yang sering dialami masyarakat bisa terkendali dan bertujuan untuk memberikan toleransi sesama pengguna. Karya ini juga memberikan masyarakat pandangan lain karena pembicara di setiap episodenya terbagi menjadi beberapa sudut pandang. Dari seorang pelaku usaha, pengguna aktif, hingga pengguna pasif di media sosial.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | live streaming, media sosial, inovasi, bisnis, podcast. Kluster Karya: Programming-based project |
Subjects: | 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 657 Accounting > 657.7 Accounting for Specific Phases of Business Activity |
Divisions: | Faculty of Communication > Digital Journalism |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 24 Aug 2021 11:23 |
Last Modified: | 15 Jun 2023 02:46 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/17922 |
Actions (login required)
View Item |