Perancangan Buku Aktivitas Tentang Berani Berbicara dan Berpendapat untuk Anak 7-10 Tahun

Putri, Anissa (2021) Perancangan Buku Aktivitas Tentang Berani Berbicara dan Berpendapat untuk Anak 7-10 Tahun. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (542kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (647kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (73kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Kurikulum yang sedang berlaku di Indonesia adalah kurikulum 2013 dimana kurikulum tersebut memiliki tujuan untuk menciptakan anak bangsa yang mampu berkomunikasi, berpikir kritis, bertanggung jawab, memiliki minat yang luas dalam kehidupan dan memiliki sifat toleran, dengan menekankan anak untuk aktif didalam kelas. Namun sayangnya, implementasi kurikulum ini tidak berjalan seperti semestinya. Sebagian besar anak didalam kelas cenderung diam dan bersikap pasif. Sehingga diperlukan media edukasi tentang berani berbicara dan berpendapat yang dapat diterapkan di kehidupan sehari-hari oleh anak. Hal ini bertujuan untuk menanamkan budaya berani berbicara dan berpendapat pada anak yang dapat diaplikasikan di kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui metode kualitatif berupa wawancara, data sekunder, studi lapangan, studi referensi dan studi literatur yang dilakukan dalam pembuatannya. Dengan hasil media edukasi yang digunakan adalah buku aktivitas dengan cerita berilustrasi yang diselingi dengan kegiatan-kegiatan yang dapat dimainkan anak. Menggunakan cerita rakyat dari Bali yaitu gerhana bulan sebagai jalan cerita utama karena memiliki pesan moral tentang keberanian berbicara dan berpendapat.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Ilustrasi, desain buku, buku cerita anak, Pendidikan, keberanian
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 002 The book (writing, libraries, and book-related topics)
700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Aug 2021 11:21
Last Modified: 06 Oct 2023 00:41
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/17924

Actions (login required)

View Item View Item