Strategi Content Marketing dalam Membangun Engagement (Studi Kasus Media Sosial Instagram @Gspace.id)

Tanjaya, Lyta (2021) Strategi Content Marketing dalam Membangun Engagement (Studi Kasus Media Sosial Instagram @Gspace.id). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (677kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (434kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (152kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (949kB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (10kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (991kB)

Abstract

Perkembangan esports yang terus meningkat serta banyaknya turnamen yang diadakan di seluruh dunia membuat munculnya social media agency untuk esports. Gspace merupakan social media agency khusus pada esports dan merupakan social media agency esport pertama di Indonesia. Content marketing digunakan oleh Gspace dalam menyebarkan kontennya di Instagram. Berbeda dengan kompetitornya, Gspace lebih mementingkan engagement yang tinggi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana strategi content marketing yang digunakan Gspace dalam membangun engagement-nya. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dan menggunakan metode studi kasus. Data primer didapatkan dari wawancara yang mendalam dengan 3 partisipan dan 2 informan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Gspace dalam penyebaran content marketing di sosial media Instagram telah menerapkan 8 Langkah Penerapan Content Marketing yang dikemukakan oleh Kotler, Kartajaya, dan Setiawan. Delapan Langkah Penerapan Content Marketing dimulai dari menetapkan tujuan, pemetaan target pasar, penggagasan dan perencanaan konten, penciptaan konten, distribusi konten, penguatan konten, evaluasi, dan perbaikan konten. Hasil dari penelitian ini dapat dilihat bahwa Gspace dalam penyebaran content marketing di sosial media Instagram memiliki engagement yang cukup tinggi, tetapi hanya berfokus pada player mobile sehingga terdapat keterbatasan dan dibutuhkannya penambahan internal agar dapat menjangkau lebih banyak players, hingga merambat pada players Personal Computer (PC) dan dapat meningkatkan engagement serta komunitas yang ada di media sosial Instagram.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Content Marketing, Instagram, Gspace, Engagement
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods > 006.7 Multimedia Systems, Blogs, Social Media, Web Application Frameworks
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 659 Advertising, Marketing and Public Relations
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 17 Oct 2022 07:21
Last Modified: 11 May 2023 05:49
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/17928

Actions (login required)

View Item View Item