Analisis Manajemen Komunikasi Krisis PT Sentul City Tbk (Studi Kasus: Gugatan Pailit oleh Keluarga Bintoro Tahun 2020)

Michael Vernando, Thaddeus (2021) Analisis Manajemen Komunikasi Krisis PT Sentul City Tbk (Studi Kasus: Gugatan Pailit oleh Keluarga Bintoro Tahun 2020). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (236kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (763kB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (97kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Setiap krisis memiliki kompleksitas dan keunikannya, begitu juga dengan krisis yang dihadapi PT Sentul City Tbk pada Agustus 2020. Gugatan salah satu stakeholder menyebabkan suspensi perusahaan di pasar saham sampai pemberitaan negatif di media. Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana manajemen komunikasi krisis perusahaan. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah post-positivistik dengan jenis pendekatan kualitatif dan sifat deskriptif. Metode penelitian ini studi kasus dari Robert K. Yin, dengan teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara yang mendalam terhadap dua orang partisipan dan satu informan. Berdasarkan penelitian ini, manajemen komunikasi krisis PT Sentul City Tbk mengacu pada tahapan oleh W. Timothy Coombs yakni: pre-crisis dengan mempersiapkan tim kecil dan pengumpulan data, crisis dengan press conference dan mediasi terhadap stakeholders, dan post-crisis dengan menyelesaikan berkas serah terima kavling matang. Keberhasilan komunikasi krisis, nama baik perusahaan terjaga dan hubungan konsumen terjalin baik. Komunikasi krisis yang diterapkan mengacu pada komunikasi krisis situasional dengan mempertimbangkan prioritas strategi mempertahankan citra perusahaan dan menyelesaikan krisis yang terjadi. Dari strategi respon krisis yang dilaksanakan, peneliti menyimpulkan manajemen krisis PT Sentul City Tbk menunjukkan langkah efektif menyelesaikan krisis yang dihadapi. Meskipun, peneliti juga menemukan beberapa elemen belum dilakukan secara maksimal seperti proses identifikasi masalah dan implementasi komunikasi melalui media.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Sentul City, Corporate Communication, Manajemen Krisis, Crisis Response Strategy, Kualitatif
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Aug 2021 11:16
Last Modified: 28 Apr 2023 02:14
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/17952

Actions (login required)

View Item View Item