Pemaknaan Pengalaman FoMO pada Karyawan Muda Selama WFH: Sebuah Studi Fenomenologi

Anggastya Grahaputri, Giovani (2021) Pemaknaan Pengalaman FoMO pada Karyawan Muda Selama WFH: Sebuah Studi Fenomenologi. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (922kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (997kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (959kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (808kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Istilah FoMO atau Fear of Missing Out yang secara sederhana diartikan sebagai ketakutan atau kegelisahan akan ketinggalan update terbaru terutama di media sosial, sehingga jadi tidak terhubung dengan orang lain di sekitarnya karena telah tertinggal dan melewatkan momen tersebut. Sebagai istilah yang masih cukup asing terdengar oleh masyarakat luas khususnya di Indonesia sendiri, membuat kebanyakan orangsaat ini secara tidak langsung sebenarnya telah mengalami FoMO itu. Dikarenakan ketidaktahuan akan istilah FoMO, padahal fenomena ini sendiri erat kaitannya dengan generasi muda terutama gen Z. Tak terkecuali FoMO dalam konteks pekerjaan yang dialami oleh kebanyakan karyawan muda saat ini selama masa WFH. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana karyawan muda memaknai pengalaman FoMO selama masa WFH dan untuk mengetahui apa motif yang melatarbelakangi karyawan muda dalam mengalami FoMO selama masa WFH di era pandemi saat ini. Pada penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa indepth interview atau wawancara mendalam dan observasi, yang menggunakan analisis fenomenologi kesadaran Husserl. Sehingga terbentuk suatu esensi yang mendalam dan secara murni, serta terlepas dari pemahaman dan penilaian yang dimiliki peneliti sendiri. Penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif dengan paradigma konstruktivis dan bersifat deskriptif. Hasil temuan pada penelitian ini menunjukkan bahwa karyawan muda secara sadar memaknai pengalaman FoMO selama WFH sebagai perasaan takut ataupun gelisah akan ketinggalan suatu update/informasi, yang terutama berkaitan dengan hal pekerjaan. Selain itu, menilai fenomena FoMO sebagai sesuatu yang memberikan dampak baik, jika dalam tingkat frekuensi mengalami FoMO yang tidak berlebihan. Motif karyawan muda dalam mengalami FoMo adalah untuk meningkatkan kompetensi kerja menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: fenomenologi, FoMO, smartphone, internet (media sosial), karyawan muda
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Aug 2021 11:25
Last Modified: 15 Apr 2023 02:46
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/17968

Actions (login required)

View Item View Item