Pengaruh Konten Literasi @Digitalent.Kominfo Terhadap Motivasi Menjadi Digital Entrepreneurship

Dameria, Michelle (2021) Pengaruh Konten Literasi @Digitalent.Kominfo Terhadap Motivasi Menjadi Digital Entrepreneurship. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (765kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (203kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (823kB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (10kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) yang meluncurkan program Digital Talent Scholarship pada tahun 2018 dan semakin berkembang untuk mendorong perkembangan struktur ekonomi dengan memacu pertumbuhan wirausaha industri kecil dan menengah (IKM). Melalui konten literasi @digitalent.kominfo, program DTS membuka peluang untuk menerbitkan talenta digital sehingga memiliki keterampilan berwirausaha dan menunjang karier. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh daya tarik konten terhadap motivasi menjadi digital entrepreneurship, serta mengukur seberapa besar pengaruh antar variabel. Penelitian ini menggunakan teori Elaboration Likelihood Model, konsep daya tarik konten, pemasaran digital, dan motivasi berwirausaha. ELM berhubungan dengan daya tarik konten dalam menerima dan mengelaborasi pesan persuasif pada tingkat kognitif tinggi maupun rendah, sedangkan daya tarik konten penelitian ini terdiri dari tiga dimensi serta empat dimensi pada motivasi wirausaha. Metode penelitian ini adalah kuantitatif yang bersifat eksplanatif dengan menyebarkan kuesioner online. Populasi penelitian ini adalah followers akun Instagram @digitalent.kominfo. 200 responden sebagai jumlah sampel pada penelitian ini dan pengujian data beserta hipotesis berdasarkan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara daya tarik konten terhadap motivasi wirausaha sebesar 56.9%. Hal ini menunjukkan bahwa konten literasi @digitalent.kominfo mengedukasi, kredibel dan memotivasi.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Digital Talent Scholarship, Daya Tarik Konten, Elaboration Likelihood Model, Motivasi Wirausaha
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Aug 2021 11:42
Last Modified: 17 Apr 2023 03:24
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/17983

Actions (login required)

View Item View Item