Strategi Event Management PT NXL Esports Indonesia dalam Pelaksanaan Event "Mabar Gua Beda" bersama I'M COCO

Natanael Palolon, Yordan (2021) Strategi Event Management PT NXL Esports Indonesia dalam Pelaksanaan Event "Mabar Gua Beda" bersama I'M COCO. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (371kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (224kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (737kB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (219kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (506kB)

Abstract

Di Indonesia, perkembangan esports mulai meningkat semenjak diresmikannya IeSPA pada tahun 2014. Perkembangan ini membuat berbagai tim esports di Indonesia berlomba-lomba untuk meningkatkan eksistensinya dan NXL Esports adalah salah satunya. Sejak tahun 2005, NXL Esports telah menjadi perusahaan yang telah meraih berbagai macam prestasi di Indonesia maupun dunia. NXL Esports melihat bahwa perkembangan esports menawarkan berbagai macam pekerjaan yang menjanjikan, tidak hanya dengan menjadi atlet dari esports itu saja. Maka dari itu, NXL Esports bersama I'm Coco membuat sebuah event yang dapat melatih seseorang untuk mengembangkan skill game dan skill `entertain'- nya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi event management yang dilakukan NXL Esports dalam menyelenggarakan event "Mabar Gua Beda" bersama I'm Coco dengan menggunakan konsep dari Goldblatt. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara wawancara mendalam. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dan sifat dari penelitian ini adalah deskriptif dengan metode studi kasus. Hasil dari penelitian ini adalah NXL Esports menerapkan lima tahap perencanaan event menurut Goldblatt yaitu riset, design, planning, coordinating dan evaluation. Tujuan dari event "Mabar Gua Beda" ini adalah membangun kesadaran masyarakat bahwa industri esports menawarkan berbagai macam pekerjaan yang menjanjikan. Dengan keahlian dan kreatifitas, seseorang dapat mendapatkan pekerjaan menjadi management sebuah tim esports, creative team, cosplayers, casters dan masih banyak lagi. Sekarang, menjadi seseorang dibalik layar kesuksesan sebuah tim esports, telah menjadi impian dari banyak orang. Event ini dinilai menjadi langkah awal bagi perkembangan industri esports yang kreatif dan menarik yaitu e-sportainment. Event ini berjalan dengan sangat lancar dan mendapatkan engagement yang cukup tinggi dilihat dari angka penonton di Youtube selama event ini berlangsung.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Event Management, Esports, E-sportainment, "Mabar Gua Beda, NXL Esports
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Aug 2021 11:36
Last Modified: 28 Apr 2023 05:18
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/18015

Actions (login required)

View Item View Item