Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Attitude dan Intention to Adopt Telaah pada Barangbaku.com

Vibriani, Aldi (2021) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Attitude dan Intention to Adopt Telaah pada Barangbaku.com. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (735kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (981kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (464kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (309kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Di era digital ini, perkembangan teknologi diseluruh dunia berkembang begitu cepat sehingga mendorong gaya hidup masyarakat di dunia, termasuk masyarakat Indonesia. Salah satu industri yang tumbuh akibat pengaruh dari perkembangan teknologi di eral digital ini adalah industri Marketplace. Indonesia menjadi negara yang memiliki pertumbuhan Marketplace tercepat sedunia dikarenakan tingginya aktifitas konsumen dalam berbelanja secara online. Konsumen akan melakukan transaksi pembelian pada suatu Marketplace jika Marketplace tersebut dapat memberikan personal innovativeness, self-efficacy, perceived usefulness, dan perceived risk yang berdampak terhadap attitude konsumen. Hal ini kemudian akan mempengaruhi intention to adopt konsumen terhadap Marketplace. Barangbaku.com merupakan salah satu Marketplace baru dengan fokus menjual produk olahan dan produk mentah yang hadir untuk memenuhi kebutuhan sehari ­ hari masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, peneliti ingin mengetahui apakah personal innovativeness, self-efficacy, perceived usefulness, dan perceived risk memiliki pengaruh terhadap attitude serta implikasinya terhadap intention to adopt seseorang. Pada penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada 365 responden. Penelitian ini menggunakan Structural Equation Model (SEM) dan data diolah menggunakan software IBM SPSS 25 dan LISREL versi 8.8. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa personal innovativeness dan perceived usefulness memiliki pengaruh positif terhadap attitude namun tidak memiliki pengaruh terhadap intention to adopt. Kemudian Self-efficacy dan perceived risk tidak memiliki pengaruh terhadap attiude dan intention to adopt. Lalu, attitude terbukti memiliki pengaruh positif terhadap intention to adopt.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: personal innovativeness, self-efficacy, perceived usefulness, perceived risk, attitude, intention to adopt
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.4 Executive Management
Divisions: Faculty of Business > Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Aug 2021 11:35
Last Modified: 21 Jun 2023 03:25
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/18018

Actions (login required)

View Item View Item