Perbedaan Tingkat Kepercayaan Terhadap Berita Kesehatan dan Berita Bersponsor Mengenai Kesehatan dalam Media Online pada Generasi Y di Tangerang

Alexander Jebatung, Antonius (2021) Perbedaan Tingkat Kepercayaan Terhadap Berita Kesehatan dan Berita Bersponsor Mengenai Kesehatan dalam Media Online pada Generasi Y di Tangerang. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (195kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (551kB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Media daring digunakan khalayak dalam memenuhi kebutuhan informasi mengenai kesehatan dalam kehidupan sehari-hari. Jurnalisme kesehatan memiliki peran penting dalam menerjemahkan istilah medis dalam bentuk berita kesehatan. Informasi yang diterima khalayak gunakan untuk mengubah pola hidup sehat. Peran penting berita kesehatan membuat penyedia iklan tertarik mempromosikan produk yang berkaitan dengan dunia kesehatan pada media daring. Berita bersponsor adalah salah satu jenis iklan yang menyerupai konten berita pada suatu media. Peneliti ingin menguji tingkat kepercayaan melalui selektivitas topik, selektivitas fakta, akurasi dan penilaian jurnalistik pada berita kesehatan dan berita bersponsor mengenai kesehatan terhadap Generasi Y di Tangerang. Penelitian ini menggunakan penelitian berjenis kuantitatif dan bersifat eksplanatif. Peneliti menggunakan metode eksperimen secara daring terhadap 40 orang yang terbagi kedalam dua kelompok. Pada kelompok pertama diberikan berita kesehatan, untuk kelompok kedua diberikan berita bersponsor mengenai kesehatan. Hasil penelitian ini menujukkan nilai rata-rata tingkat kepercayaan Generasi Y di Tangerang pada berita kesehatan sebesar 3,20 dan berita bersponsor mengenai kesehatan sebesar 3,14. Nilai tersebut didapat dari jawaban responden dalam skala 1 (sangat tidak setuju) sampai 4 (sangat setuju). Penelitian ini tidak menunjukkan perbedaan tingat kepercayaan yang signifikan. Hal ini diperoleh dari uji statistik non parametrik Mann Whitneyy dengan nilai signifikansi sebesar 0,392.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: tingkat kepercayaan, berita kesehatan, media daring, berita bersponsor, Generasi Y, eksperimen
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing > 070 News, mass media, journalism, and publishing
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Aug 2021 11:19
Last Modified: 29 May 2023 06:47
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/18051

Actions (login required)

View Item View Item