Newsgame Information Effectivity: A Case Study of 3 Tempo.co Newsgame Towards Users

Jonathan Irawan, Ivan (2021) Newsgame Information Effectivity: A Case Study of 3 Tempo.co Newsgame Towards Users. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (345kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (640kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (753kB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (41kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (315kB)

Abstract

Menurut mantan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, pemain gim daring di Indonesia sudah mencapai angka 40 juta orang di bulan September 2019. Angka tersebut menunjukkan popularitas gim daring di Indonesia sebagai salah satu hiburan yang dicari masyarakat. Rep (2002) menyatakan bahwa manusia akan terus mencari permainan yang paling menyenangkan untuk dimainkan, yang berarti ada kesempatan untuk konten permainan digital semakin diminati masyarakat. Di sisi lain, media mulai mengembangkan platform permainan digital yang kerap disebut newsgame. Di Indonesia, Tempo.co merupakan media yang memiliki kanal khusus untuk mendistribusikan konten newsgame di halaman medianya. Penelitian ini menjelaskan internalisasi pribadi audiens (18-24 tahun) sebagai respons terhadap konten newsgame Tempo.co. Internalisasi tersebut berfokus pada efektivitas pemberitaan yang dilakukan Tempo.co melalui kanal newsgames-nya. Penelitian menggunakan teori difusi inovasi untuk memaparkan menggambarakn dengan lebih komprehensif respons audiens terhadap inovasi newsgames Tempo.co. Penelitian akan dilakukan dengan pendekatan kualitatif untuk memaparkan secara mendalam bagaimana respons audiens newsgame Tempo.co berdasarkan pengalaman pribadi ketika mengakses konten. Metode yang digunakan adalah focus group discussion (FGD). Hasil penelitian menunjukkan bahwa para informan menilai bahwa informasi berita dari newsgames Tempo.co tidak dapat diserap dengan baik. Penelitian ini diharapkan dapat mengembangkan penelitian berikutnya seputar newsgame.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: newsgame, Tempo, difusi inovasi
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing > 070 News, mass media, journalism, and publishing
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Aug 2021 11:15
Last Modified: 17 Jun 2023 00:35
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/18068

Actions (login required)

View Item View Item