Furqon, Mushviati (2021) Pengaruh Employer Brand Attractiveness terhadap Intention to Apply pada Startup Shopee: pada Jobseekers Generasi Z di Jabodetabek. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Tren kedatangan startup atau perusahaan rintisan bermula pada tahun 1998, bermula dari adanya berbagai bisnis melalui website pribadi sebagai media pertamanya. Menurut hasil riset yang dilakukan oleh Google bersama A.T. Lembaga riset Center for Human Genetic Research (CHGR) memproyeksikan bahwa pada tahun 2020 startup di Indonesia mencapai 13.000 dimana pertumbuhan tersebut mencapai 6,5 kali lipat. Salah satu startup yang ada di Indonesia adalah Shopee. Kedatangan Shopee ke Indonesia pastinya memerlukan dukungan dari sumber daya yang berkualitas agar mampu berkembang dengan baik di Indonesia. Selain itu, untuk menarik sumber daya yang berkualitas Shopee perlu memiliki citra perusahaan atau employer brand yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk membahas dan menganalisi hubungan employer brand attractiveness dengan intention to apply pada startup Shopee; pada jobseekers generasi Z di Jabodetabek. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dan metode non-probability sampling dengan kategori snowball sampling dan judgemental sampling. Penelitian ini memperoleh data dengan cara menyebarkan kuesioner online kepada 183 jobseekers generasi Z di Jabodetabek. Hasil data yang diperoleh, di olah menggunakan aplikasi SPSS versi 25. Hasil yang didapatkan pada penelitian ini menunjukkan bahwa value interest memiliki hubungan positif dengan intention to apply dengan nilai thitung > ttabel sebesar 2.895 > 1.653, economic value memiliki hubungan positif dengan intention apply dengan nilai thitung > ttabel sebesar 2.498 > 1.653, dan juga development value memiliki hubungan positif dengan intention to apply dengan nilai thitung > ttabel sebesar 6.449 > 1.653, namun pada variabel social value tidak memiliki hubungan positif yang signifikan dengan intention to apply karena nilai yang di dapat tidak mendukung hipotesis. Diketahui dari hasil yang diperoleh dari penelitian ini, Shopee harus lebih memperhatikan dan meningkatkan development value, value interest, dan economic value yang dimiliki. Khususnya pada variabel development value dan value interest yang memiliki hubungan positif tertinggi, dengan menawarkan career path yang lebih baik, dan meningkatkan layanan agar lebih berkualitas sehingga mampu menarik minat para pencari kerja untuk melamar ke Shopee.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Intention to apply, Value interest, Social value, Economic value, Development value |
Subjects: | 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.3 Personnel, Staff, Employee, Human Resource Management, Training 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce > 658.87 Retail Channel > 658.872 Brand, Branding |
Divisions: | Faculty of Business > Management |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 06 Oct 2022 09:04 |
Last Modified: | 22 Jun 2023 05:34 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/18091 |
Actions (login required)
View Item |