Analisis Pengaruh Employer Brand terhadap Person-Organization Fit serta Implikasinya terhadap Employer of Choice dengan Use of Social Media sebagai Variabel Moderasi: Studi pada PT. Telkom Indonesia (Persero) Tbk

Faadhila Herdiansyah, Firyal (2021) Analisis Pengaruh Employer Brand terhadap Person-Organization Fit serta Implikasinya terhadap Employer of Choice dengan Use of Social Media sebagai Variabel Moderasi: Studi pada PT. Telkom Indonesia (Persero) Tbk. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (394kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (537kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (147kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Era bonus demografi sedang terjadi di Indonesia. Negara perlu memanfaatkan momentum era bonus demografi dengan meningkatkan kualitas penduduk Indonesia. Menurut indeks daya saing global kualitas sumber daya manusia di Indonesia masih rendah, bahkan terjadi penurunan pada pilar skills dimana hal tersebut mengukur kemudahan perusahaan dalam mendapatkan sumber daya manusia yang bertalenta. Maka hal tersebut dapat memicu terjadinya `war of talent'. Sehingga untuk menyelesaikan permasalahan tersebut maka PT. Telkom Indonesia (Persero) Tbk perlu meningkatkan employer branding agar menjadi perusahaan yang dipilih oleh calon pekerja yang berasal dari generasi Z. Penelitian ini bertujuan untuk membahas dan menganalisa pengaruh empat dimensi dari employer brand terhadap person-organization fit dan hasil moderasi use of social media dalam menjadikan perusahaan yang employer of choice di PT. Telkom Indonesia (Persero) Tbk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dan teknik non-probability sampling dengan kategori judgmental sampling. Data yang telah diperoleh dalam penelitian ini, dengan cara menyebarkan kuesioner online kepada 153 generasi Z yang berstatus mahasiswa dengan batas usia 18 ­ 25 tahun dan berdomisili di wilayah Jabodetabek. Hasil data yang diperoleh, kemudian di olah dengan menggunakan metode Structural Equation Model (SEM) melalui aplikasi IBM AMOS versi 24. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa work culture berpengaruh positif terhadap person-organization fit, person-organization fit memediasi secara positif terhadap employer brand dan employer of choice, kemudian use of social media memoderasi secara positif terhadap person-organization fit dan employer of choice. Pada penelitian ini salary and incentive tidak berpengaruh positif terhadap person- organization fit, diversity tidak berpengaruh positif terhadap person-organization fit dan ethics and CSR tidak berpengaruh positif terhadap person-organization fit. Berdasarkan hasil yang diperoleh, perusahaan PT. Telkom Indonesia (Persero) Tbk harus lebih fokus dalam membangun employer branding perusahaan melalui pemanfaatan social media @livingintelkom agar dapat menjadi perusahaan yang employer of choice pada generasi Z.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Employer Branding, Person-Organization Fit, Use of Social Media, Employer of Choice
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods > 006.7 Multimedia Systems, Blogs, Social Media, Web Application Frameworks
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.3 Personnel, Staff, Employee, Human Resource Management, Training
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce > 658.87 Retail Channel > 658.872 Brand, Branding
Divisions: Faculty of Business > Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 06 Oct 2022 03:27
Last Modified: 21 Jun 2023 08:42
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/18096

Actions (login required)

View Item View Item