Faadhila Herdiansyah, Firyal (2021) Analisis Pengaruh Employer Brand terhadap Person-Organization Fit serta Implikasinya terhadap Employer of Choice dengan Use of Social Media sebagai Variabel Moderasi: Studi pada PT. Telkom Indonesia (Persero) Tbk. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Era bonus demografi sedang terjadi di Indonesia. Negara perlu memanfaatkan momentum era bonus demografi dengan meningkatkan kualitas penduduk Indonesia. Menurut indeks daya saing global kualitas sumber daya manusia di Indonesia masih rendah, bahkan terjadi penurunan pada pilar skills dimana hal tersebut mengukur kemudahan perusahaan dalam mendapatkan sumber daya manusia yang bertalenta. Maka hal tersebut dapat memicu terjadinya `war of talent'. Sehingga untuk menyelesaikan permasalahan tersebut maka PT. Telkom Indonesia (Persero) Tbk perlu meningkatkan employer branding agar menjadi perusahaan yang dipilih oleh calon pekerja yang berasal dari generasi Z. Penelitian ini bertujuan untuk membahas dan menganalisa pengaruh empat dimensi dari employer brand terhadap person-organization fit dan hasil moderasi use of social media dalam menjadikan perusahaan yang employer of choice di PT. Telkom Indonesia (Persero) Tbk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dan teknik non-probability sampling dengan kategori judgmental sampling. Data yang telah diperoleh dalam penelitian ini, dengan cara menyebarkan kuesioner online kepada 153 generasi Z yang berstatus mahasiswa dengan batas usia 18 25 tahun dan berdomisili di wilayah Jabodetabek. Hasil data yang diperoleh, kemudian di olah dengan menggunakan metode Structural Equation Model (SEM) melalui aplikasi IBM AMOS versi 24. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa work culture berpengaruh positif terhadap person-organization fit, person-organization fit memediasi secara positif terhadap employer brand dan employer of choice, kemudian use of social media memoderasi secara positif terhadap person-organization fit dan employer of choice. Pada penelitian ini salary and incentive tidak berpengaruh positif terhadap person- organization fit, diversity tidak berpengaruh positif terhadap person-organization fit dan ethics and CSR tidak berpengaruh positif terhadap person-organization fit. Berdasarkan hasil yang diperoleh, perusahaan PT. Telkom Indonesia (Persero) Tbk harus lebih fokus dalam membangun employer branding perusahaan melalui pemanfaatan social media @livingintelkom agar dapat menjadi perusahaan yang employer of choice pada generasi Z.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Employer Branding, Person-Organization Fit, Use of Social Media, Employer of Choice |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods > 006.7 Multimedia Systems, Blogs, Social Media, Web Application Frameworks 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.3 Personnel, Staff, Employee, Human Resource Management, Training 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce > 658.87 Retail Channel > 658.872 Brand, Branding |
Divisions: | Faculty of Business > Management |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 06 Oct 2022 03:27 |
Last Modified: | 21 Jun 2023 08:42 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/18096 |
Actions (login required)
View Item |