Kurnia, Steven (2021) Pengaruh Social Media Marketing Activity dan Social Media Influencer di Instagram Terhadap Purchase Intention pada Brand Fashion X di Indonesia. Master Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Seiring dengan perkembangan dunia digital yang pesat, sosial media telah menjadi salah satu sarana untuk melakukan kegiatan pemasaran. Pemasaran secara online (social media marketing activity) ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan suatu produk, memperluas koneksi, serta meningkatkan kedekatan antara suatu bisnis dengan konsumennya. Penggunaan social media influencer juga diduga dapat mempengaruhi minat beli konsumen terhadap merek tertentu. Penelitian ini dibuat untuk menelitii bagaimana pengaruh dan seberapa besar pengaruh social media marketing activity (SMMA) dan social media influencer pada Instagram terhadap purchase intention dari Brand X. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan pengumpulan data dilakukan dengan teknik survei menggunakan google form yang disebarkan secara online. Dari hasil survei tersebut terkumpul 128 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMMA berpangaruh signifikan terhadap purchase intention baik secara lansung maupun secara tidak lansung dengan dobel mediasi brand equity dan e-wom. Namun disisi lain, social media influencer tidak berpengaruh signifikan terhadap purchase intention secara tidak lansung dengan dobel mediasi brand equity dan e-wom, tapi berpengaruh signifikan terhadap purchase intention secara lansung. Hasi penelitian ini diharapkan dapat membantu brand fashion X untuk memprioritaskan kegiatan pemasaran online mereka di Instagram agar dapat meningkatkan purchase intention dari brand tersebut.
Item Type: | Thesis (Master Thesis) |
---|---|
Keywords: | Social Media Marketing Activity, Social Media Influencer, Purchase Intention, Brand Equity, e-WOM |
Divisions: | Faculty of Business > Master of Technology Management |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 11 Oct 2022 02:02 |
Last Modified: | 11 Oct 2022 02:02 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/18099 |
Actions (login required)
View Item |