Suryadi, Kevin (2021) Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Behavioral Intentions dan E-WOM (Electronic Word of Mouth) dalam E-commerce. Master Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Industri e-commerce merupakan salah satu industri yang terus berkembang dan menjanjikan di Indonesia, hal ini dapat terlihat dari jumlah pengguna e-commerce yang terus meningkat, CAGR yang tinggi, dan GMV yang tinggi. Di sisi lain, industri ini juga menghadapi berbagai permasalahan seperti tingkat ketidakpuasan yang tinggi atas pengalaman online, buruknya jaringan logistik, akses layanan keuangan yang rendah, kecepatan internet yang rendah hingga keamanan siber yang buruk. Keluhan-keluhan yang disampaikan oleh konsumen terkait e-commerce di Indonesia juga tergolong banyak sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara access, transaction, dan possession convenience terhadap online convenience, online convenience terhadap online customer satisfaction, dan online customer satisfaction terhadap behavioral intentions dan E-WOM. Penelitian ini menganut pandangan positivism dengan objek penelitian yang dipilih yaitu industri e-commerce di Indonesia. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah judgement sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menyebarkan kuesioner kepada responden yang pernah berbelanja online atau menggunakan e-commerce di Indonesia. Pengujian terhadap 138 responden dilakukan dengan program WarpPLS 7.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa access convenience, transaction convenience, dan possession convenience berpengaruh positif dan signifikan terhadap online convenience, online convenience berpengaruh positif dan signifikan terhadap online customer satisfaction, online customer satisfaction berpengaruh positif dan signifikan terhadap behavioral intentions dan E-WOM. Hasil penelitian ini dapat membantu e-commerce untuk memperbaiki berbagai permasalahan yang dihadapi agar berbelanja online di e-commerce dapat lebih nyaman dengan menyediakan struk berbelanja elektronik yang lengkap berisikan foto dan berbagai informasi, kerjasama dengan pihak jasa pengiriminan agar memudahkan komunikasi dengan pihak jasa pengiriman dan status pemesanan yang dapat terus diperbaharui dengan lebih rinci serta program loyalty dengan stempel online atau sistem undian; atau lebih mudah dengan memperbaiki tampilan awal, menambahkan fitur membandingkan produk, serta membuat fitur rekap berdasarkan periode tertentu. Penelitian ini juga diharapkan dapat menambah wawasan bagi pembaca dan penelitian selanjutnya.
Item Type: | Thesis (Master Thesis) |
---|---|
Keywords: | Online convenience, online customer satisfaction, behavioral intentions, E-WOM Universitas Multimedia Nusantara | viii |
Divisions: | Faculty of Business > Master of Technology Management |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 17 Oct 2022 04:10 |
Last Modified: | 17 Oct 2022 04:10 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/18100 |
Actions (login required)
View Item |