Analisis Faktor-faktor yang Memengaruhi Online Purchase Intention Produk Pakaian di Masa Pandemi COVID19 dengan Pendekatan TPB dan TAM

Ongkadinata, Davin (2021) Analisis Faktor-faktor yang Memengaruhi Online Purchase Intention Produk Pakaian di Masa Pandemi COVID19 dengan Pendekatan TPB dan TAM. Master Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (764kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (764kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (533kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (22kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Pandemi COVID-19 membuat terjadinya perubahan perilaku konsumsi konsumen menjadi konservatif. Tren konsumsi konsumen mengalami perubahan akibat aktivitas di luar rumah yang dibatasi oleh pemerintah. Akan tetapi, data yang ditemukan menunjukkan penjualan produk pakaian mendekati akhir tahun 2020 mengalami peningkatan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk memahami pola pikir konsumen mengenai niat beli produk pakaian secara online di masa pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan integrasi Theory of Planned Behavior (TPB) dan Technology Acceptance Model (TAM) dengan perceived risk terhadap niat beli produk pakaian secara online di masa pandemi COVID-19 berdasarkan konsumen online Indonesia. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dengan SPSS 26. 115 responden dipilih dengan teknik judgment sampling berdasarkan kriteria konsumen produk pakaian yang pernah membeli produk pakaian secara online di masa pandemi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa attitude, subjective norm, dan perceived usefulness berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli produk pakaian secara online di masa pandemi COVID-19 (Maret 2020 ­ Januari 2021). Variabel perceived usefulness memiliki pengaruh terbesar dan paling signifikan terhadap niat beli online karena keberadaan website dan aplikasi mobile sangatlah berguna untuk belanja konsumen demi menghindari penyebaran virus COVID-19. Secara teoritis, indikator-indikator model penelitian ini dimodifikasi dan dikembangkan dengan penambahan indikator security risk pada variabel perceived risk. Secara praktis, penelitian ini berkontribusi pada pengetahuan/insight mengenai niat beli produk pakaian secara online di masa pandemi dan memberi saran kepada tim pengembang e-commerce maupun marketplace untuk membuat kode pemrograman yang bersih dan efisien untuk meningkatkan loading speed dan performa website dan aplikasi untuk menghemat waktu konsumen dalam berbelanja.

Item Type: Thesis (Master Thesis)
Keywords: Online purchase intention, TPB, TAM, produk pakaian, COVID-19 Universitas Multimedia Nusantara | viii
Divisions: Faculty of Business > Master of Technology Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 13 Oct 2022 07:16
Last Modified: 13 Oct 2022 07:16
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/18101

Actions (login required)

View Item View Item