Ekaimi, San (2021) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penggunaan Layanan Telekonsultasi dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) di Rumah Sakit Bethsaida Gading Serpong. Master Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Pandemi Covid-19 yang muncul pada bulan Maret 2020 menimbulkan kebiasaan baru dalam masyarakat, mulai dari penggunaan internet yang berlebih hingga kebiasaan baru pada bidang kesehatan, yaitu peralihan konsultasi tatap muka menjadi konsultasi online dikarenakan adanya adanya pembatasan aktivitas masyarakat dalam rangka menekan angka penyebaran virus Covid-19. Begitupun dengan penyedia fasilitas kesehatan yang dituntut untuk beradaptasi dengan menyediakan layanan telemedisin. Rumah Sakit Bethsaida sebagai salah satu fasilitas kesehatan mulai beradaptasi dengan membuat fasilitas pelayanan konsultasi secara online sebagai salah satu alternatif layanan yang bisa dimanfaatkan oleh pasien. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dan bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keinginan pasien dalam penggunaan layanan telekonsultasi di Rumah Sakit Bethsaida Gading Serpong. Penelitian ini menggunakan Teori TAM (Technology Acceptance Model), yang sudah dikembangkan dengan tambahan variabel kepercayaan, privasi, niat untuk menggunakan dan penggunaan sebenarnya juga variabel moderasi. Objek penelitian yaitu 100 orang pasien Bethsaida yang sudah pernah menggunakan layanan telekonsultasi ini. Data diperoleh dengan menyebar kuesioner menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah Structural Equation Model (SEM) dengan menggunakan SmartPLS 3.0. Berdasarkan hasil olah data dan analisis ditemukan bahwa persepsi kemudahan, kepercayaan, dan privasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat pasien dalam menggunakan layanan telekonsultasi ini, sedangkan persepsi kegunaan tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat pasien dalam menggunakan layanan ini yang disebabkan oleh kurangnya pengetahuan pasien terhadap manfaat dan tujuan yang sebenarnya dari diluncurkannya fasilitas ini sehingga merasa fungsi yang dimiliki oleh layanan telekonsultasi ini tidak sesuai dengan apa yang mereka harapkan.
Item Type: | Thesis (Master Thesis) |
---|---|
Keywords: | Pandemi, Telekonsultasi, Rumah Sakit, Pasien, TAM (Technology Acceptance Model) |
Divisions: | Faculty of Business > Master of Technology Management |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 06 Oct 2022 02:09 |
Last Modified: | 06 Oct 2022 02:09 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/18102 |
Actions (login required)
View Item |