Analisis Faktor-Faktor Perilaku Konsumen yang Berpengaruh Terhadap Niat Meneruskan Penggunaan Sakuku Berbasis Teori UTAUT2

Darson, Eric (2021) Analisis Faktor-Faktor Perilaku Konsumen yang Berpengaruh Terhadap Niat Meneruskan Penggunaan Sakuku Berbasis Teori UTAUT2. Master Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (626kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (446kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (776kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (682kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (990kB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (212kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Berbagai temuan dan inovasi dalam teknologi membawa banyak manfaat untuk masyarakat. Salah satunya adalah dengan hadirnya bentuk pembayaran baru yang dapat menggantikan uang tunai yang disebut e-wallet. Seiring berkembangnya zaman, penggunaan e-wallet terus meningkat, dengan peningkatan ini diharapkan penyedia layanan e-wallet dapat terus bersaing untuk mempertahankan posisinya di masyarakat. Tetapi trend ini berlawanan dengan yang dialami oleh salah satu e-wallet di Indonesia yaitu Sakuku yang terus mengalami penurunan. Penelitian ini berbasis pada teori UTAUT2 yang sudah dimodifikasi dengan penambahan variabel trust dan perceived risk. Dengan didasari beberapa penelitian sebelumnya, penelitian ini membahas variabel yang dianggap mempengaruhi niat meneruskan penggunaan e-wallet Sakuku. Variabel tersebut adalah performance expectancy, social influence, hedonic motivation, price saving orientation, habit, trust, dan perceived risk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan non- probability sampling dengan pendekatan judgment sampling. Sampel yang terkumpul adalah sebanyak 144 responden yang kemudian dilakukan pengujian regresi linear berganda dengan dibantu program SPSS 20.0. Hasil dari penelitian ini adalah variabel social influence, price saving orientation, habit, dan trust memiliki pengaruh yang positif serta signifikan terhadap continuance intention penggunaan aplikasi Sakuku. Sedangkan untuk variabel performance expectancy, hedonic motivation, dan perceived risk tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap continuance intention penggunaan aplikasi Sakuku. Hasil dari penelitian ini dapat menjadi referensi bagi aplikasi Sakuku untuk mengatasi masalah yang dihadapi dengan beberapa cara seperti menambah kerjasama, meningkatkan keamanan, serta memperbanyak promosi. Penelitian ini juga memperkaya literasi penelitian yang berhubungan dengan model UTAUT2.

Item Type: Thesis (Master Thesis)
Keywords: E-wallet, UTAUT2, Performance Expectancy, Social Influence, Hedonic Motivation, Price Saving Orientation, Habit, Trust, Perceived risk, dan Niat Meneruskan Penggunaan Universitas Multimedia Nusantara | viii
Divisions: Faculty of Business > Master of Technology Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 05 Oct 2022 06:14
Last Modified: 05 Oct 2022 06:14
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/18104

Actions (login required)

View Item View Item