Analisis Pengaruh Brand Community Affect dan Brand Community Trust Terhadap Brand Brand Community Commitment Serta Implikasinya Terhadap Repurchase Intention, Word Of Mouth, dan Constructive Complaint: Telaah pada Komunitas Nuvolks Jakarta

Sosrodimulyo, Purusadhikara (2021) Analisis Pengaruh Brand Community Affect dan Brand Community Trust Terhadap Brand Brand Community Commitment Serta Implikasinya Terhadap Repurchase Intention, Word Of Mouth, dan Constructive Complaint: Telaah pada Komunitas Nuvolks Jakarta. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (610kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (580kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (142kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan Industri otomotif terus meningkat yang ditandai dengan jumlah kuantitas kendaraan yang dimiliki masayarakat terus bertambah. Pesatnya perkembangan otomotif menjadi penyebab terjadinya persaingan pada industri otomotif. Dilihat dari maket share otomotif di Indonesia mayoritas dikuasai oleh merek yang berasal dari Jepang. Hal ini menjadi tantangan bagi perusahaan otomotif asal Eropa seperti Volkswagen untuk dapat bersaing. Salah satu hal yang dapat membantu perusahaan Volkswagen dalam mengembangkan produk agar lebih sesuai dengan keinginan konsumen sehingga dapat meningkatkan penjualan yaitu komunitas Nuvolks. Komitmen anggota dalam komunitas dipercaya dapat meningkatkan niat untuk membeli kembali, word of mouth yang positif, dan keluhan yang membangun. Namun jenis program loyalitas seperti economic benefit tidak cukup untuk meningkatkan loyalitas anggota. Adapun permasalahan pada penelitian ini diajukan untuk mengetahui seberapa efektifnya program loyalitas economic benefit di komunitas Nuvolks melalui teori variabel brand community affect dan brand community trust terhadap brand community serta implikasinya terhadap repurchase intention, word of mouth, dan constructive complaint. Model Teoritis dalam penelitian ini disampaikan dengan 5 hipotesis yang akan diuji menggunakan Structural Equation Model dengan software Lisrel v8.8. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 180 responden, member Nuvolks dalam 6 bulan terakhir aktif berpartisipasi dalam grup media sosial Nuvolks dan member yang setidaknya memiliki 1 aktifitas dalam grup media sosial Nuvolks. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan positif antara brand community affect terhadap brand community commitment, brand community trust terhadap brand community commitment, brand community commitment terhadap repurchase intention, dan brand community commitment terhadap constructive complaint. Namun terdapat satu hipotesis yang tidak mendukung yaitu brand community commitment terhadap word of mouth.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Brand Community Affect, Brand Community Trust, Brand Community Commitment, Repurchase Intention, Word of Mouth, dan Constructive Complaint
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 640 Home and Family Management > 640 Home and Family Management > 640.7 Purchasing Guides
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce > 658.87 Retail Channel > 658.872 Brand, Branding
Divisions: Faculty of Business > Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 17 Oct 2022 02:39
Last Modified: 30 Jun 2023 06:54
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/18132

Actions (login required)

View Item View Item