Fernanda, Virginia (2021) Rancangan Special Event Esports Shoutcasting "How To Be A Battle Royale Shoutcaster". Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Ditengah pesatnya perkembangan game di Indonesia, terutama genre battle royale yang mendobrak pasar esports Indonesia saat ini, turnamen banyak diadakan sebagai bentuk aktivasi pemain dan komunitas agar semakin subur dan meluas. Minimnya shoutcaster di Indonesia disebabkan karena tidak adanya standarisasi maupun pendidikan formal. Oleh karena itu, webinar coaching clinic berjudul "How To Be A Battle Royale Shoutcaster" hadir. Tujuan webinar coaching clinic ialah untuk mengedukasi para pecinta game ataupun shoutcaster baru agar mampu menjadi shoutcaster dengan bantuan dari para proffesional shoutcaster sebagai coach. Penyelenggaraan webinar coaching clinic "How To Be A Battle Royale Shoutcaster" ini didasarkan pada konsep Special Event Management, Webinar, Coaching Clinic dan Shoutcaster. Target dari webinar coaching clinic ini adalah remaja dewasa berumur 17-30 tahun yang memiliki ketertarikan untuk menjadi seorang shoutcaster. Event webinar ini terbagi menjadi 3 (tiga), yaitu pre-event, main event, dan post-event. Saat pre-event, peneliti melakukan promosi dengan menggunakan press release dan poster untuk disebarkan lewat media partner dan media massa esports serta Instagram story milik coach. Webinar coaching clinic "How To Be A Battle Royale Shoutcaster" dilaksanakan pada 26 November 2020 untuk kelas PUBG Mobile dan 30 November 2020 untuk kelas Free Fire lewat media Zoom Meeting. Webinar coaching clinic berjalan lancar, mendapatkan antusias yang tinggi dan feedback yang positif dari hasil evaluasi. Namun, terdapat kritik dan saran, seperti menjadikan event ini sebagai sebuah sustainable brand, durasi dan kuota peserta yang ditambahkan, variasi coach, dan lain- lain.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | esports, coaching clinic, webinar, shoutcaster, battle royale |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 24 Aug 2021 11:40 |
Last Modified: | 26 Apr 2023 01:10 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/18142 |
Actions (login required)
View Item |