Prayoga, Muhamad Nugraha Aji (2021) Analisis Pengaruh Kualitas Konten Media Sosial Instagram dan Interaktivitas Merek Terhadap Kesadaran Merek dan Niat Pembelian Konsumen Travelio. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
PT. HORIZON INTERNUSA PERSADA (Travelio) merupakan perusahaan start- up yang menyediakan layanan penyewaan property secara daring dengan fokus terhadap apartemen. Bisnis utama perusahaan ini merupakan adalah hunian berupa apartemen, rumah dan villa yang disewakan kepada konsumen dalam rentang waktu harian, bulanan, dan tahunan. Selain itu, Travelio juga memiliki produk lain yaitu Travelio Property Management (TPM). Produk ini memiliki tujuan untuk merekrut individu atau pengembang yang memiliki unit hunian kosong untuk di kelola Travelio. Tujuan dari perusahaan ini adalah membangun Indonesia yang lebih baik melalui unit usaha konstruksi, properti, dan perhotelan yang terpadu dan handal, terpercaya dan berkualitas tinggi di Indonesia. Dengan adanya media sosial, Travelio memanfaatkannya dalam membuat konten dengan tujuan untuk berkomunikasi dan memasarkan produknya kepada konsumen. Dengen memberikan konten yang akurat, relevan, lengkap dan menarik dapat menimbulkan daya tarik konsumen terhadap perusahaan yang diharapkan dapat merubah perilaku tersebut untuk melakukan pemesanan di Travelio. Maka dari itu, peneliti ingin mengetahui pengaruh dari content quality social media Instagram dan brand interactivity terhadap brand awareness dan purchase intention konsumen Travelio. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner secara online kepada responden. Kriteria responden dalam penelitian ini yaitu tidak pernah melakukan pemesanan penginapan secara online di Travelio. Model teoritis di dalam penelitian ini disampaikan dengan 11 hipotesis dengan 7 variabel yaitu content quality, brand interactivity, hedonic motive, utilitarian motive, consumer engagement, brand awareness, dan purchase intention yang dianalisa menggunakan Structural Equation Model (SEM). Dalam penelitian ini, peneliti memilih untuk menggunakan teknik sampling dari kelompok non-probability sampling dengan teknik judgmental sampling. Hasil dari penelitian ini bahwa Content quality tidak berpengaruh positif terhadap Brand awareness dan utilitarian motive tidak berpengaruh positif Consumer engagement. Brand awareness dipengaruhi oleh brand interactivity dan consumer engagement dimana consumer engagement dipengaruhi oleh hedonic motive.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Content Quality, Brand Interactivity, Hedonic motive, Utilitarian motive, Consumer Engagement, Brand Awareness, Purchase Intention |
Subjects: | 100 Philosophy and Psychology > 100 Philosophy > 106 Organizations and management 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce > 658.87 Retail Channel > 658.872 Brand, Branding |
Divisions: | Faculty of Business > Management |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 21 Sep 2021 08:15 |
Last Modified: | 02 May 2023 05:09 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/18147 |
Actions (login required)
View Item |