Henderson, Andrew (2021) Analisis Faktor Adopsi Penggunaan Dompet Digital di Indonesia Berdasarkan Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) - Studi Kasus pada Pengguna Linkaja. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Teknologi dan internet telah membawa banyak perubahan dan memberikan kemudahan di berbagai sektor, salah satunya sektor finansial. Salah satu produk digital yang muncul akibat adanya teknologi dan internet adalah dompet digital. Pertumbuhan penggunaan dompet digital di Indonesia mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Hal ini ditandai juga dengan banyak bermunculan aplikasi penyedia dompet digital di Indonesia. Salah satu penyedia dompet digital di Indonesia adalah PT. Fintek Karya Nusantara dengan merek dagang LinkAja. Sejak awal diluncurkan, LinkAja telah melakukan berbagai upaya dalam strategi pemasaran dan sering berkembangnya perusahaan, LinkAja juga telah melakukan perubahan dalam strategi pemasaran yang dilakukan. Namun terjadi kendala dari niat untuk menggunakan (Intention to Use) dalam menggunakan layanan dompet digital LinkAja. LinkAja merupakan layanan dompet digital besutan Himpunan Bank Negara bersama Telkomsel. LinkAja didirikan sebagai pengganti dari merger produk TCASH (Telkomsel) , Mandiri e-cash (Bank Mandiri), yap! & UnikQu (Bank Negara Indonesia), My QR (Bank Rakyat Indonesia) dan T-Bank (Bank Rakyat Indonesia). Pada penelitian ini akan menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan menggunakan 7-point likert scale dengan mengumpulkan 160 responden yang lolos screening yang kemudian datanya akan diolah menggunakan perangkat lunak LISREL versi 8.8. Dan penulis ingin mengetahui apakah Performance Expectancy memiliki pengaruh positif terhadap Intention to Use Mobile Wallet. Effort Expectancy memiliki pengaruh positif terhadap Intention to Use Mobile Wallet. Effort Expectancy memiliki pengaruh positif terhadap Performance Expectancy. Social Influence memiliki pengaruh positif terhadap Intention to Use Mobile Wallet. Facilitating Conditions memiliki pengaruh positif terhadap Intention to Use Mobile Wallet pada layanan LinkAja.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | performance expectancy, effort expectancy, social influence, facilitating conditions, intention to use, mobile wallet, dompet digital, LinkAja |
Subjects: | 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations |
Divisions: | Faculty of Business > Management |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 22 Oct 2021 03:03 |
Last Modified: | 22 Jun 2023 06:52 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/18171 |
Actions (login required)
View Item |