Putri Suwardhi, Mefita (2021) Penilaian Terhadap Aktivis Gereja Perempuan yang Bertato. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Hingga saat ini, tato dipandang memiliki nilai negatif bagi sebagian ;masyarakat Indonesia. Terlebih lagi jika perempuan yang aktif dalam bidang keagamaan yang memiliki tato tersebut. Hal ini yang membuat peneliti tertarik untuk menelusuri bagaimana penilaian terhadap remaja perempuan bertato yang aktif di gereja. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penilaian tato bagi remaja perempuan yang aktif di gereja serta mengetahui penilaian keluarga atau orang-orang terdekat dari remaja perempuan tersebut mengenai tato yang ada di tubuhnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Paradigma yang digunakan adalah konstruktivisme dengan menggunakan studi kasus sebagai metode penelitian. Hasil temuan dari penelitian ini adalah (1) para remaja perempuan yang aktif di gereja beserta kerabatnya tidak menilai tato sebagai bentuk representatif negatif, (2) tato yang dimiliki remaja perempuan yang aktif di gereja dinilai sebagai sebuah seni dan budaya serta gambaran indentitas yang menggambarkan diri mereka, (3) tetapi, perempuan remaja bertato dan orang-orang terdekatnya khawatir jika kelak mereka memiliki anak perempuan yang bertato akan mengalami konsekuensi, seperti dinilai negatif serta dijauhi oleh orang-orang yang ada dalam lingkungannya
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Tato, Studi Kasus, Remaja perempuan bertato, Social Judgment Theory |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 28 Oct 2021 03:52 |
Last Modified: | 02 May 2023 03:14 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/18183 |
Actions (login required)
View Item |