Serafina, Novia (2021) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Customer Satisfaction serta Implikasinya pada Future Purchase Intention: Telaah pada Pelanggan JD.ID. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Saat ini perkembangan pada era digital di seluruh dunia yang berkembang pesat, sehingga mendorong perubahan gaya hidup pada masyarakat Indonesia. Perkembangan internet di Indonesi mengalami peningkatan setiap tahunnya sehingga menciptakan sebuah peluang untuk marketer agar mencoba dan mempromosikan produknya secara global melalui teknologi internet. JD.ID merupakan e-commerce yang berdiri pada tahun 2015 di Indonesia, pada kuartal petama 2016 mengalahkan e-commece Jack Ma. Tetapi, JD.ID menjadi e- commerce yang paling banyak dikompalin oleh konsumen. Salah satu cara agar JD.ID dapat meningkatkan pembelian kembali dari konsumennya dan mengurangi complain adalah dengan meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan. Pada penelitian ini, metode yang digunakan merupakan metode deskriptif kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuisioner yang disebarkan kepada 180 responden. Data yang diperoleh kemudian akan diolah menggunakan SPSS versi 25 dan SmartPLS 2.3.9. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa customer service dan tracking memiliki pengaruh positif terhadap customer satisfaction sedangkan hanya shipping yang memiliki pengaruh negatif terhadap customer satisfaction. Selain itu, customer satisfaction terbukti memiliki pengaruh positif terhadap future purchase intention.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Customer service, shipping, tracking, customer satisfaction, future purchase intention |
Subjects: | 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) |
Divisions: | Faculty of Business > Management |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 26 Oct 2021 06:46 |
Last Modified: | 28 Jun 2023 07:53 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/18248 |
Actions (login required)
View Item |