Rinjani Nabilah, Khanza (2021) Pengaruh Value Interest, Social Value, Economic Value, Development Value terhadap Intention to Apply pada Startup OVO di Tangerang. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Kepopuleran startup didunia berawal bubble dot-com tahun 1998-2000 sehingga startup berkaitan dengan teknologi dan indonesia. Ovo adalah startup julukan unicorn di bidang teknologi finansial yang berdiri pada tahun 2017. Perusahaan untuk menarik kandidat yang berkualitas dengan menunjukkan employer brand yang baik agar calon pelamar dapat melamar bekerja di suatu perusahaan. Employer brand adalah manfaat yang di tawarkan oleh perusahaan untuk membangun identitas unik dimata karyawan dan calon pelamar agar mendorong mereka untuk bergabung dan tetap tinggal di perusahaan. Tujuan penelitian ini mengetahui ketertarikan generasi milenial untuk bekerja di perusahaan rintisan atau startup. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel judgmental dan snowball sampling. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner secara online kepada 191 generasi milenial berusia 17-39 tahun, jobsekeers, mahasiswa atau mahasiswi tingkat akhir dan sudah lulus SMA/SMK berdomisili di tangerang. hasil data yang diperoleh akan diolah menggunakan aplikasi SPSS versi 24.0 Hasil yang diperoleh dari penelitian ini bahwa thitung > ttabel dengan nilai signifikansi < 0.05, value interest sebesar 3.883 > 1.653 signifikansi 0.000, social value sebesar 1.800 > 1.653 signifikansi 0.073, economic value sebesar 4.038 > 1.653 signifikansi 0.000, development value sebesar 3.869 > 1.653 signifikansi 0.000. Variabel value interest, economic value, dan development value memiliki pengaruh positif terhadap variabel intention to apply. Sedangkan social value tidak memiliki pengaruh positif terhadap intention to apply. Oleh karena itu perusahaan dapat membuat strategi dalam menarik pelamar kerja khususnya generasi milenial untuk apply ke OVO. Ovo dapat memperhatikan faktor - faktor yaitu value interest, social value, economic value dan development value. Economic value menjadi faktor terbesar dibandingkan faktor lain, maka Ovo dapat mencatumkan terkait economic value seperti gaji, kompensasi dan fasilitas yang diberikan
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Employer Brand, Brand Attractiveness, Intention to apply. |
Subjects: | 300 Social Sciences > 330 Economics > 330 Economics 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.3 Personnel, Staff, Employee, Human Resource Management, Training |
Divisions: | Faculty of Business > Management |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 26 Oct 2021 07:57 |
Last Modified: | 28 Jun 2023 06:22 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/18279 |
Actions (login required)
View Item |