TEKNIK KLOWONG DALAM UPAYA PENGEMBANGAN MODEL PEWARISAN TRADISI MEMBATIK WARGA RIFA'IYAH DI DESA KALIPUCANG WETAN, JAWA TENGAH

Prizilla, Aquamila Bulan and Sachari, Agus (2019) TEKNIK KLOWONG DALAM UPAYA PENGEMBANGAN MODEL PEWARISAN TRADISI MEMBATIK WARGA RIFA'IYAH DI DESA KALIPUCANG WETAN, JAWA TENGAH. VISUALITA, 7 (2). pp. 1-12. ISSN 2655-2140

[img]
Preview
Text
Update Peer Review Jurnal 1 Ibu Bulan.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (304kB) | Preview

Abstract

Batik Rifa'iyah adalah batik yang dibuat dan dikembangkan oleh para pengikut ajaran Syaikh Ahmad Rifa'i, yang disebut dengan Rifa'iyah. Syaikh Ahmad Rifa'i melarang para pengikutnya untuk menggambar mahkluk hidup. Tradisi membatik pada warga Rifa'iyah dari waktu ke waktu mengalami penurunan, apabila tidak dilakukan antisipasi dapat menyebabkan kepunahan. Salah satu cara dalam upaya melestarikan tradisi membatik pada warga Rifa'iyah adalah dengan mewariskan tradisi membatik tersebut kepada generasi penerus warga Rifa'iyah. Penelitian akan dibatasi pada generasi penerus warga Rifa'iyah di Kalipucang Wetan yang berusia 15 tahun hingga 30 tahun. Penelitian ini berfokus pada salah satu teknik pembatikan, yaitu teknik klowong menggunakan pensil. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah etnografi eksperimental. Metode yang digunakan adalah studi literatur dan studi lapangan. Hasil proses pembatikan melalui eksperimen teknik klowong menggunakan pensil dengan cara imitating dan tracing tersebut kemudian dianalisis untuk memperoleh gambaran mengenai kenyamanan, efesiensi dan efektifitas dalam membuat batik Rifa’iyah oleh responden. Hasil penelitian menunjukkan diperlukan variasi teknik klowong atas setiap kategorisasi tingkat kemampuan pembatik, yang untuk selanjutnya dapat diaplikasikan ke dalam model pewarisan tradisi membatik sehingga hal tersebut diharapkan dapat meningkatkan minat warga Rifa'iyah untuk mau belajar dan meneruskan tradisi membatiknya.

Item Type: Article
Keywords: Klowong, Batik, Rifa'iyah, Islam, Pewarisan, Pelestarian
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 680 Manufacture for Specific Uses > 686 Printing (Incl. printing in non-Latin alphabets, typography, presswork, braille, maps, money printing)
700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures)
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 28 Sep 2021 09:47
Last Modified: 28 Apr 2022 06:42
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/18434

Actions (login required)

View Item View Item