Pengaruh Literasi dan Efikasi Disi Terhadap Inklusi Keuangan pada Penggunaan Layanan Pembayaran Digital Shopee Pay di Jabodetabek

Andyni, Neskia and Kurniasari, Florentina (2021) Pengaruh Literasi dan Efikasi Disi Terhadap Inklusi Keuangan pada Penggunaan Layanan Pembayaran Digital Shopee Pay di Jabodetabek. Derema Jurnal Manajemen, 16 (1). pp. 128-140. ISSN 2476-955X

[img]
Preview
Text
Reviewer Pengaruh literasi dan efikasi diri terhadap inklusi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Index Derema.pdf

Download (703kB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi digital berpengaruh pada berbagai macam industri termasuk industri keuangan. Salah satu layanan keuangan berbasis teknologi yang paling popular adalah pembayaran digital. Teknologi finansial ini diharapkan dapat mendukung program pemerintah Indonesia dalam meningkatkan inklusi keuangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh literasi dan efikasi diri pada bidang keuangan terhadap tingkat inklusi keuangan dengan objek penelitian layanan pembayaran digital Shopee Pay di wilayah Jabodetabek. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan menggunakan teknik nonprobability sampling. Penelitian ini menyebarkan kuesioner terhadap 191 responden dan selanjutnya diolah secara statistic dengan menggunakan IBM SPSS 26 dan metode regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa literasi keuangan dan efikasi diri pada keuangan berpengaruh positif terhadap inklusi keuangan.

Item Type: Article
Keywords: Financial inclusion; financial literacy; financial self-efficacy; financial technology; mobile payment
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.4 System Programming, Operating System, Computer Interface
300 Social Sciences > 330 Economics > 336 Public Finance
Divisions: Faculty of Business > Master of Technology Management
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 04 Oct 2021 06:38
Last Modified: 25 Nov 2022 01:01
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/18471

Actions (login required)

View Item View Item