Tinjauan Proses Elisitasi Kebutuhan Perangkat Lunak Menggunakan Metode Agile

Iswari, Ni Made Satvika (2012) Tinjauan Proses Elisitasi Kebutuhan Perangkat Lunak Menggunakan Metode Agile. Ultimatics : Jurnal Teknik Informatika, 4 (1). ISSN 2085-4552

Full text not available from this repository.

Abstract

Proses elisitasi kebutuhan perangkat lunak dengan menggunakan metode agile didasari oleh kebutuhan yang terus berubah seiring dengan berjalannya proses pembangunan perangkat lunak. Agent Based Goal Elicitation (ATABGE) merupakan sebuah teknik elisitasi kebutuhan yang menggunakan pendekatan agile. Teknik ini menggunakan initial goals kemudian mendekomposisinya menjadi subgoals yang dilakukan oleh stakeholder. Namun teknik ini perlu ditinjau kembali pada bagian Pre-Sprint, yang menyatakan bahwa initial goals ditentukan oleh analyst, padahal ini akan menyebabkan kebutuhan yang didapatkan menjadi tidak murni dari stakeholder. Selain itu, pada tahap Sprint, para stakeholder sepertinya perlu untuk diberikan prioritas wewenang untuk menentukan hasil. Secara keseluruhan, penggunaan metode agile juga memiliki beberapa kekurangan, yaitu kesulitan dalam menentukan estimasi biaya sejak awal proyek dan kesulitan dalam menentukan arsitektur perangkat lunak yang akan dibangun.

Item Type: Article
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming
000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 11 Oct 2021 09:45
Last Modified: 11 Oct 2021 09:45
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/18642

Actions (login required)

View Item View Item