Penggunaan Teknik Data Mining untuk Manajemen Resiko Sistem Informasi Rumah Sakit

Iswari, Ni Made Satvika (2011) Penggunaan Teknik Data Mining untuk Manajemen Resiko Sistem Informasi Rumah Sakit. Ultimatics : Jurnal Teknik Informatika, 3 (2). ISSN 2085-4552

Full text not available from this repository.

Abstract

Rumah sakit merupakan sebuah organisasi yang sangat kompleks. Didalamnya terdapat berbagai elemen, seperti dokter dan perawat yang melakukan tugasnya, yaitu menyediakan layanan kesehatan. Perkembangan saat ini, seluruh data informasi rumah sakit disimpan secara elektronik dalam sistem informasi rumah sakit. Informasi inilah yang akan digunakan untuk menentukan resiko-resiko yang dapat menghambat berjalannya sistem informasi dengan baik. Adapun teknik yang digunakan adalah teknik data mining, yang bernama risk mining. Pada makalah ini, akan dijelaskan mengenai teknik risk mining, untuk menganalisis resiko pada sistem informasi rumah sakit. Selain itu, pada bagian analisis akan dilakukan perbandingan antara pendekatan teknik data mining ini dengan proses manajemen resiko yang diperkenalkan oleh NIST.

Item Type: Article
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods
300 Social Sciences > 360 Social problems and social services > 362 Social problems of and services to groups of people (Incl. Hospital Management)
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics)
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 11 Oct 2021 13:09
Last Modified: 11 Oct 2021 13:09
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/18650

Actions (login required)

View Item View Item