Tobing, Jethro Lismano Lumban (2013) Perancangan buku ilustrasi edukatif ‘ben & segelas susu’ untuk anak usia dini. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Euromonitor dan Internal Tetra Pak pada tahun 2011 mendapatkan hasil bahwa konsumsi susu di Indonesia hanya mencapai 12,8 liter per kapita per tahun. Negara-negara lain di Asia Tenggara, seperti Malaysia memiliki angka 50,8 liter dan Vietnam 14,3 liter. India pun mencapai 47,1 liter. Angka ini menunjukkan bahwa konsumsi susu di Indonesia jauh tertinggal dibanding negara lain. Kebiasaan baik lebih efektif jika dimulai pada masa anak-anak. Cara pengajarannya tentu saja dengan dampingan orang tua. Salah satu media edukatif pendukung pengajaran anak adalah melalui buku cerita ilustrasi. Buku cerita ilustrasi memiliki teks sebagai sumber informasi utamanya tetapi ia dilengkapi dengan ilustrasi visual yang menarik untuk anakanak. Pembuatan buku cerita ilustrasi dilakukan dengan penelitian dan pencarian gaya gambar yang sesuai dengan selera segmentasi usia anak. Untuk mengetahui hal selera ini, metode kualitatif dengan cara studi lapangan dilakukan kepada beberapa responden yang berhubungan. Hasil dari penelitian/pencarian gaya gambar tersebut adalah anak di usia dini menyukai gaya gambar kartun dengan teknik pewarnaan menggunakan media cat air. Buku ilustrasi ‘Ben & Segelas Susu’ merupakan sebuah sarana yang dapat dipakai sebagai media pembelajaran yang menginformasikan manfaat-manfaat yang bisa didapat anak dari segelas susu. Dengan mengenal manfaatnya, anak dapat terdorong untuk membuat kegiatan minum susu menjadi sebuah kebiasaan.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 090 Manuscripts and Rare Books > 096 Books notable for illustrations |
Divisions: | Faculty of Art & Design > Visual Communication Design |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 18 Aug 2017 07:38 |
Last Modified: | 12 Jun 2023 03:30 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/1869 |
Actions (login required)
View Item |