REKAYASA PIRANTI LUNAK PENYUSUN JADWAL PENGUJIAN TEROWONGAN ANGIN KECEPATAN RENDAH INDONESIA

Pane, Ivransa Zuhdi and Surya, Wijaya Indra (2017) REKAYASA PIRANTI LUNAK PENYUSUN JADWAL PENGUJIAN TEROWONGAN ANGIN KECEPATAN RENDAH INDONESIA. PROSIDING SEMINAR NASIONAL SAINS DAN TEKNOLOGI SNST, 7 (1).

Full text not available from this repository.

Abstract

Penyusunan jadwal pengujian terowongan angin adalah faktor penting yang menentukan berhasil tidaknya pelaksanaan pengujian terowongan angin secara keseluruhan, sekaligus menjadi media penghubung utama antara pihak pelaksana pengujian dan pihak pengguna jasa pengujian dalam mengkomunikasikan teknis pelaksanaan pengujian. Sejumlah faktor teknis maupun non-teknis mempengaruhi jadwal pengujian, yang acap kali melibatkan kerumitan dan menimbulkan kendala dalam penyusunannya, khususnya apabila dilakukan secara manual. Kegiatan penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk memecahkan masalah ini melalui pendayagunaan piranti lunak yang diharapkan tidak hanya mampu mendukung proses penjadwalan pengujian secara optimal berbasiskan teknologi informasi, namun juga dapat berperan sebagai sarana untuk mengevaluasi pelaksanaan pengujian, yang pada gilirannya dapat menjadi bahan acuan bagi pihak pengelola fasilitas terowongan angin dalam melaksanakan pengambilan keputusan eksekutif. Untuk merealisasikan piranti lunak tersebut, maka rekayasa piranti lunak penyusun jadwal pengujian dilaksanakan secara bertahap dengan metodologi prototyping. Produk akhir piranti lunak yang sesuai dengan kebutuhan berhasil dibangun dan siap dioperasikan dalam kondisi nyata.

Item Type: Article
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming
300 Social Sciences > 330 Economics > 333 Economics of Land and Energy
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 14 Oct 2021 05:30
Last Modified: 14 Oct 2021 05:30
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/18751

Actions (login required)

View Item View Item