Pengembangan Aplikasi Rekomendasi Hotel di Bali dengan Metode Simple Additive Weighting

Tangganu, Erik and Hansun, Seng (2019) Pengembangan Aplikasi Rekomendasi Hotel di Bali dengan Metode Simple Additive Weighting. Fountain of Informatics Journal, 4 (1). ISSN 2541-4313

Full text not available from this repository.

Abstract

Bali merupakan salah satu tujuan wisata favorit bagi wisatawan. Salah satu permasalahan yang kerap dihadapi wisatawan adalah mencari hotel yang baik sesuai dengan kebutuhan mereka selama berlibur di Bali. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi rekomendasi hotel di Bali dengan metode Simple Additive Weighting, yang merupakan salah satu metode rekomendasi terbaik dan banyak digunakan pada Multiple Attribute Decision Making (MADM). Perancangan dan pembangunan aplikasi ini berbasis web dengan menggunakan framework Laravel, basis data MySQL, dan bahasa pemrograman HTML, PHP, CSS, dan Javascript. Pengujian pada aplikasi ini dilakukan dengan melakukan uji scenario, uji kepuasan pengguna dan pengukuran usability dari aplikasi. Berdasarkan uji skenario didapatkan kesimpulan bahwa algoritma SAW sudah diimplementasikan dengan benar pada aplikasi. Uji kepuasan pengguna menghasilkan persentase sebesar 71,33%. Pengukuran usability menggunakan USE Questionnaire juga telah dilakukan dan telah memenuhi keempat aspek dalam USE kuesioner, yaitu Usability, Satisfaction, Ease of Use, dan Ease of Learn. Pengujian dan pengukuran ini mengindikasikan bahwa aplikasi rekomendasi hotel di Bali dengan metode SAW berbasis web telah dirancang dan dibangun dengan benar, meskipun pengembangan lebih lanjut dari sisi UI/UX aplikasi dapat dilakukan pada penelitian mendatang untuk meningkatkan kepuasan pengguna.

Item Type: Article
Keywords: sistem rekomendasi, Simple Additive Weighting, USE Questionnaire, hotel, kriteria
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 003 Systems (Computer Modeling and Simulation)
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 19 Oct 2021 07:57
Last Modified: 19 Oct 2021 07:57
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/18882

Actions (login required)

View Item View Item