Perancangan Typeface Aksara Lota Ende

Alfian, Erwin and Brahma, Adhreza (2018) Perancangan Typeface Aksara Lota Ende. Idealogy Journal of Arts and Social Science, 3 (3). ISSN 2550-214X

Full text not available from this repository.

Abstract

Aksara adalah artefak budaya bangsa Indonesia yang sudah mulai dilupakan kehadirannya. Naskah Aksara Lota Ende di wilayah Flores Timur adalah salahsatu artefak Aksara yang mulai menghilang keberadaannya. Penggunaan Latin Typeface merupakan bentuk komunikasi formal diwilayah tersebut, seperti halnya juga di Indonesia pada umumnya. Kegiatan Kampanye yang dilakukan berbagai komunitas untuk kembali menggunakan Aksara Lota Ende belum berhasil meningkatkan kesadaran penduduk untuk menggunakannya kembali. Mengenalkan Aksara lonta Ende dengan kemasan yang lebih menarik diharapkan dapat mencuri perhatian orang Ende khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya untuk mengenal kembali Aksara Lota Ende yang akan punah. Latin Typeface sebagai media komunikasi formal sehari-hari sangat memungkinkan untuk digunakan dalam membangun kesadaran masyarakat untuk memiliki kebanggaan terhadap Aksara Lota Ende agar tetap lestari sepanjang jaman dan sekaligus memiliki nilai fungsional. Menggunakan metode yang dikemukakan oleh Carter, Rob (2015) dimana perancangan menggunakan lima tahapan yang prosesnya tidak berjalan linear, sehingga membuka peluang untuk lebih mengeksplorasi berbagai kemungkinan desain karakter typeface yang menarik.

Item Type: Article
Subjects: 400 Language > 410 Linguistics > 411 Writing Systems of Standard Forms of Languages
700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 740 Graphic arts (Incl. typographical designs; two-dimensional mixed-media, icon and mascot designs)
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 02 Nov 2021 03:21
Last Modified: 02 Nov 2021 03:21
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/18973

Actions (login required)

View Item View Item