Keanekaragaman Visualisasi Tokoh Arjuna dalam Media

Rina, Ratna Cahaya and Adriati, Ira and Irfansyah, Irfansyah (2017) Keanekaragaman Visualisasi Tokoh Arjuna dalam Media. Seminar Nasional Seni dan Desain 2017.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tokoh Arjuna dalam wayang kulit purwa dan wayang orang divisualisasikan sesuai penokohannya dalam cerita Mahabharata sebagai laki-laki yang memiliki tubuh ramping, tampan, lembut, dan pandai berdandan, namun tetap dianggap maskulin. Sementara, saat ini visualisasi Arjuna dalam media modern seperti komik web, game, ilustrasi, poster, dan sebagainya tampak bervariasi. Studi ini dilakukan melalui observasi dan studi literatur terhadap visual tokoh Arjuna yang muncul dalam wayang dan karya-karya yang ditampilkan dalam media modern. Hasil dari studi ini diperoleh bahwa sebagian besar tokoh Arjuna divisualkan memiliki tubuh yang lebih berotot dan ekspresi wajah yang lebih agresif daripada seharusnya. Hal ini menunjukkan bahwa telah terdapat pembauran mengenai maskulinitas Arjuna yang khas dengan maskulinitas yang saat ini popular.

Item Type: Article
Subjects: 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 740 Graphic arts (Incl. typographical designs; two-dimensional mixed-media, icon and mascot designs)
700 Arts and Recreation > 790 Outline of Sports, Games and Entertainment > 791 Movie industry, Circuses, TV, Radio, Puppetry, Pageantry, Animal Performances
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 03 Nov 2021 03:11
Last Modified: 03 Nov 2021 03:11
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/19005

Actions (login required)

View Item View Item