STRATEGI KOMUNIKASI PESUASIF LOKASI ZIARAH SENDANGSONO DI TENGAH ISU INTOLERANSI BERAGAMA DI JOGJAKARTA

Wahjuwibowo, Indiwan Seto and Hendrawati, MV Santi and Billy, Johanes Langgar (2019) STRATEGI KOMUNIKASI PESUASIF LOKASI ZIARAH SENDANGSONO DI TENGAH ISU INTOLERANSI BERAGAMA DI JOGJAKARTA. In: Conference On Communication and News Media Studies.

Full text not available from this repository.

Abstract

Di tengah era hoax dan kabar kebenceian menyeruak di sela-sela kehidupan masyarakat, ada lokasi wisata sejarah rohani Katolik yakni Sendangsono yang terus bertahan dan tetap eksis sebagai lokasi ziarah tertua di tanah air.Berada di balik perbukitan Menoreh, Gua Maria Sendangsono terletak di kawasan yang sangat asri dan menyatu dengan alam. Aliran sungai yang membelah tempat peziarahan serta pohon-pohon besar yang menaunginya menjadikan tempat ini sangat sejuk dan segar. Sebuah pohon sono atau angsana besar tumbuh dengan kokoh menaungi tempat ini.Akarnya mencengkeram tanah dengan kuat dan menjadi sumber mata air sendang. Dulunya,tempat ini menjadi peristirahatan dan persinggahan para Bikhu yang berjalan kaki dari Borobudur menuju Boro, begitu pula sebaliknya. Lantas pada tahun 1904, Pastor Van Lith datang ke tempat ini dan mengadakan pembabtisan bagi warga Kalibawang. Tempat ini pun akhirnya dikembangkan menjadi tempat peziarahan umat Katholik dan dikenal dengan nama Sendangsono.Makalah ini mengangkat topik strategi komunikasi persuasive Sendangsono dalam menjaga eksistensinya di tengah warga Jogjakarta yang beragam agama dan keyakinannya. Didekati dengan pendekatan kualitatif menggunakan studi kasus, ditemukan hasil bahwa meski tidak banyak melakukan promsi besar-besaran, minat para pengunjung ke lokasi ziarah ini karena citra Sendangsono justru muncul lewat strategi Mouth to Mouth, lewat social media seperti Group whatsapp dan jaringan media online di paroki-paroki. Sementara di lokasi ziarah, pengelola melakuukan sejumlah strategi komunikasi persuasive lewat pendekatan personal dengan kelompok-kelompok masyarakat yang berbeda agama, khususnya para tokoh dan pemuka agama setempat. Strategi promosi dilakukan baik lewat pull strategi juga push strategi, meskipun tidak secara formal.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: 200 Religion > 260 Social and ecclesiastical theology > 267 Associations for religious work
300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 305 Groups of People (Incl. social identity, Discrimination, Gender Equality, Social Status)
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 19 Nov 2021 12:29
Last Modified: 19 Jan 2022 07:44
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/19197

Actions (login required)

View Item View Item