JURNALISME DI ERA TSUNAMI INFORMASI: STUDI KASUS HARIAN KOMPAS

Leksono, Ninok and Elmada, Maria Advenita Gita (2017) JURNALISME DI ERA TSUNAMI INFORMASI: STUDI KASUS HARIAN KOMPAS. In: Prosiding Konferensi Nasional Komunikasi.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tsunami informasi merupakan salah satu dampak dari perkembangan teknologi yang terjadi saat ini. Mudahnya produksi serta penyebarluasan informasi oleh siapa saja, yang dulu menjadi tugas utama jurnalisme, membuat jurnalisme harus meredefinisi peran dan fungsinya. Harian Kompas, salah satu media masa terbesar di Indonesia pun, tak luput dari masalah tersebut. Penelitian studi kasus bersifat kualitatif deskriptif ini mencoba mendeskripsikan bagaimana Harian Kompas menjawab tantangan tsunami informasi dengan meredefinisi peran dan fungsi jurnalisnya, serta menyiapkan jurnalisnya dalam menghadapi era tsunami informasi ini. Temuan dari penelitian ini memperlihatkan bahwa bagi Harian Kompas, esensi jurnalisme sebagai pembawa kebenaran tidaklah berubah, hanya perlu dilengkapi dengan beberapa hal seperti memberi konteks, memberi konfirmasi, membawa pengalaman kepada masyarakat, serta menunjukkan arah. Selain itu Harian Kompas juga berusaha untuk menyadari perubahan, melakukan pembaruan kemampuan, serta menanamkan nilai jurnalisme sebagai upaya menyiapkan jurnalisnya dalam menghadapi era tsunami informasi.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing
300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
600 Technology (Applied Sciences) > 600 Technology > 600 Technology
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 19 Nov 2021 15:03
Last Modified: 19 Jan 2022 07:17
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/19209

Actions (login required)

View Item View Item