OPTIMASI QUERY PENCARIAN MENGGUNAKAN METODE BLOOM FILTER PADA SISTEM INFORMASI SEKOLAH

Wendy, Wendy and Nugroho I., Hargyo Tri and Prasetiyowati, Maria Irmina (2013) OPTIMASI QUERY PENCARIAN MENGGUNAKAN METODE BLOOM FILTER PADA SISTEM INFORMASI SEKOLAH. In: Konferensi Nasional Sistem Informasi, 14-15 Februari 2013, Mataram, Indonesia.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sistem informasi dapat digunakan dalam berbagai bidang kehidupan, salah satunya adalah untuk pengelolaan sekolah. Contoh sistem informasi untuk pengelolaan sekolah adalah Jaringan Informasi Bersama Antar Sekolah (JIBAS). Pada sistem informasi yang menggunakan basis data, kecepatan pemrosessan query merupakan salah satu faktor penting dalam kinerja sistem. Penelitian ini mengimplementasikan metode Bloom Filter pada JIBAS untuk mempercepat pemrosesan query sehingga jeda waktu yang diperlukan untuk menunggu query dapat dikurangi. Dengan metode ini, pencarian data pada JIBAS dilakukan pada Bloom Filter terlebih dahulu sebelum melakukan query pada basis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bloom Filter yang diimplementasikan pada JIBAS dapat mereduksi waktu yang diperlukan untuk pencarian data yang tidak ditemukan pada basis data rata-rata 99.16 % yaitu menjadi sekitar 0.004 detik.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: sistem informasi, optimasi query, pencarian, JIBAS, Bloom Filter
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods
300 Social Sciences > 370 Education
600 Technology (Applied Sciences)
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Computer Engineering
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 02 Dec 2021 17:13
Last Modified: 19 Jul 2022 02:00
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/19336

Actions (login required)

View Item View Item