Strategi Komunikasi Visual Dalam Kegiatan Berbagi Kenangan Pada Masyarakat Digital

Kusumawardhani, RR. Mega Iranti (2014) Strategi Komunikasi Visual Dalam Kegiatan Berbagi Kenangan Pada Masyarakat Digital. Ultimart: Jurnal Komunikasi Visual, 7 (1). ISSN 1979-0716

Full text not available from this repository.

Abstract

Platform digital sosial media memungkinkan manusia untuk dapat me- rekam dan menyimpan bit kenangan yang hampir tak terbatas di dalamnya. Tidak hanya itu, bit kenangan dalam platform digital dapat terkoneksi dengan sesama pengguna, sehingga memudahkan manusia untuk melakukan kegiatan berbagi kenangan. Kemudahankemudahan ini menyebabkan perlakuan manusia terhadap kenangan menjadi sangat berbeda. Apabila sebelumnya manusia sibuk mengembangkan strategi mengabadikan kenangan karena keterbatasan memorinya, kini manusia sibuk mengembangkan strategi untuk dapat mencerna sesingkat mungkin bit kenangan dalam jumlah besar dan terkoneksi satu sama lain. Penggunaan komunikasi visual menjadi salah satu strategi manusia untuk dapat memaksimalkan aksesnya ke bit kenangan yang terkoneksi pada dunia digital. Facebook, Snapchat dan Path merupakan salah satu media sosial yang cukup populer, di mana masyarakat bisa melakukan kegiatan berbagi kenangan; menyimpan dan mengkoneksikan bit kenangan miliknya dengan bit kenangan pengguna lain. Tulisan ini bertujuan untuk menelusuri jejak-jejak komunikasi visual dari kenangan yang terkoneksi pada platform digital populer yang digunakan masyarakat digital.

Item Type: Article
Subjects: 700 Arts and Recreation > 770 Photography, Computer Art, Film, Video
Divisions: Faculty of Art & Design > Film & Animation
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 15 Dec 2021 06:06
Last Modified: 15 Dec 2021 06:06
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/19674

Actions (login required)

View Item View Item